BUSINESS

Isuzu Pindahkan Basis Produksi Truk ke Indonesia, Target Produksi 2024

Pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks.

Isuzu Pindahkan Basis Produksi Truk ke Indonesia, Target Produksi 2024Isuzu pindahkan pabrik truk ke Indonesia. (Dok. Kemenperin)

by Ekarina

08 June 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Produsen kendaraan niaga asal Jepang, Isuzu Motors Ltd bakal merelokasi basis produksi truknya dari Thailand ke Indonesia.  Adapun, pabrik baru tersebut ditargetkan mulai beroperasi pada tahun depan. 

Hal itu diungkapkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita usai bertemu dengan jajaran manajemen Isuzu Motors Ltd. di Tokyo, Jepang pada Selasa (6/6). “Pihak Isuzu menyampaikan akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang,” kata Agus dalam keterangannya, Kamis (8/6).

Pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada 2019. “Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik. Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik,” ujarnya.

Dengan pemindahan ini, ia berharap Isuzu dapat meningkatkan penggunaan komponen di dalam negeri pada proses perakitan, salah satunya pada jenis kendaraan yang masih dirakit menggunakan skema importasi Completely Knocked Down (CKD) agar diubah menjadi Incompletely Knocked Down (IKD). Sedangkan untuk kendaraan yang sudah dirakit melalui skema importasi IKD, dapat meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri.

Pabrik Isuzu di Indonesia

Di Indonesia, Isuzu telah memiliki satu unit pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat dengan tingkat utilisasi mencapai 85 persen. Pada 2022, produksi pabrik ini mencapai 44.694 unit kendaraan atau 15 persen dari total produksi Isuzu di seluruh dunia.

Di tahun yang sama, ekspor Isuzu Indonesia mencapai 8.254 unit untuk jenis kendaraan Completely Built Up (CBU). Sedangkan pada 2023, Isuzu menargetkan peningkatan ekspor dari 25 negara di tahun lalu. “Untuk itu, Isuzu meminta dukungan dari Pemerintah Indonesia untuk kemudahan ekspor,” ujar Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd. Yasuyuki Niijima.

Pabrik Isuzu Indonesia saat ini memproduksi kendaraan niaga Isuzu Traga yang diekspor ke berbagai negara, dengan pasar utama Timur Tengah dan Filipina.

Menurut Niijima, Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi Isuzu, baik sebagai pasar maupun pusat produksi kendaraannya. Oleh sebab itu, Isuzu akan berupaya meningkatkan ekspornya hingga ke 150 negara.

Seiring dimulainya produksi UD Trucks di 2024, Isuzu juga akan memerlukan tenaga kerja tambahan.