BUSINESS

Marak Fenomena Revenge Tourism, Ini 4 Tips Sebelum Berlibur

Momen libur sekolah dan kuliah turut meramaikan fenomena ini

Marak Fenomena Revenge Tourism, Ini 4 Tips Sebelum BerliburIlustrasi WFA. Shutterstock/goffkein.pro

by Ekarina

22 June 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah resmi mencabut status pandemi dan beralih ke endemi seriing jumlah kasus Covid-19 yang terus melandai bahkan mendekati nihil. Masyarakat mulai kembali melancong ke destinasi wisata favoritnya baik di Indonesia maupun luar negeri. 

Kondisi ini menimbulkan fenomena ‘revenge tourism’ di mana banyak masyarakat yang melakukan “perjalanan balas dendam” setelah sekian lama tidak dapat bepergian jauh.  
Momen libur sekolah dan kuliah yang berlangsung pada pertengahan tahun juga turut meramaikan fenomena ini. 

Head of Card and Loan Business PT Bank DBS Indonesia, Ari Lastina mengungkapkan, fenomena revenge tourism turut berdampak pada penggunaan kartu kredit DBS dengan pertumbuhan lebih dari 30 persen.

"Maka dari itu, digibank by DBS berkolaborasi dengan berbagai pelaku industri pariwisata seperti maskapai, OTA, dan jasa lainnya agar masyarakat dapat melakukan perjalanan dan bertransaksi dengan mudah menggunakan Kartu Kredit digibank dan aplikasi digibank by DBS sebagai layanan perbankan digital dalam genggaman yang intuitif dan pintar," katanya dikutip, Kamis (22/6). 

Tips liburan

Bagi Anda yang hendak mengikuti fenomena revenge tourism untuk jalan-jalan santai dengan keluarga atau bersenang-senang bersama sahabat di masa liburan ini, berikut empat tips agar liburanmu lebih menyenangkan.

1. Pelajari destinasi wisata yang dituju

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat hendak berlibur adalah periode liburan dan budget yang Anda miliki. Dengan mengetahui dua hal tersebut, akan mudah bagiAnda menentukan negara tujuan, transportasi, penginapan, pilihan makanan, hingga destinasi mana saja yang akan didatangi. 

Bila Anda berminat untuk bepergian ke luar negeri, perhatikan bahasa yang dipakai di negara tujuan, setidaknya penggunaan kalimat-kalimat penting seperti menanyakan arah, memberikan salam, dan lainnya.

Apabila Anda tidak menguasai bahasa tersebut, kamu bisa mengandalkan keluarga, teman, atau tour guide untuk membantumu berkomunikasi. Di samping itu, ketika ingin bepergian ke destinasi nusantara ataupun internasional, ada baiknya jika  mempelajari tentang kebiasaan maupun tradisi di wilayah tersebut untuk menghargai aturan dan budaya masyarakat setempat serta menghindari kesalahpahaman yang tidak diinginkan.

2. Cari promo dan diskon

Ada banyak cara untuk memaksimalkan budget yang kamu punya, termasuk dengan memanfaatkan diskon. Anda bisa mengunjungi berbagai acara travel fair dan berburu berbagai penawaran yang menarik. Anda juga bisa memanfaatkan penawaran yang dihadirkan oleh berbagai penyedia jasa, seperti penerbangan, tempat makan, hotel, hingga kartu kredit yang dapat meringankan pengeluaran.

Salah satu promosi yang bisa Anda manfaatkan misalnya potongan harga tiket pesawat Qatar Airways sebesar 10 persen yang disediakan kartu kredit digibank yang berlaku untuk kelas bisnis dan ekonomi. Selain Qatar Airways, pengguna Kartu Kredit digibank juga dapat memanfaatkan penawaran dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink, potongan tarif transportasi menggunakan Grab dan Blue Bird, serta diskon di berbagai platform OTA seperti Agoda, Booking.com, Tiket.com, Traveloka, dan Mister Aladin.

3. Siapkan “dompet khusus” untuk perjalanan

Apakah Anda pernah mengalami pengeluaran yang membengkak saat liburan? Jika iya, maka Anda perlu melakukan perencanaan anggaran yang lebih matang. Anda dapat mempersiapkan anggaran lebih untuk pengeluaran tak terduga atau menahan diri untuk berhenti menghabiskan uang ketika sudah melebihi budget yang kamu tentukan di awal. Pengeluaran ini sulit untuk dilacak apabila kamu menggabungkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dengan budget bepergian.

Bank DBS memiliki fitur Dompet Maxi yang ada di aplikasi digibank. Melalui fitur ini, pengguna dapat membuat hingga 20 dompet dan setiap dompet bisa diberi nama masing-masing sesuai dengan kebutuhan. 

3. Jangan mudah tergiur aplikasi pay later

Untuk mendapatkan anggaran liburan tambahan, terdapat berbagai fasilitas kredit yang bisa Abda gunakan. Akan tetapi, Anda perlu memastikan kredibilitas pihak pemberi fasilitas pinjaman sehingga tak perlu cemas dan dapat menikmati perjalananmu seutuhnya. 

4. Nikmati perjalanan yang Anda rindukan

Setelah mempersiapkan segala sesuatu, kini waktunya menikmati perjalanan. Hargai setiap momen perjalananmu dengan melupakan sejenak segala urusan di rumah. Untuk mengabadikan momen-momen menarik dalam perjalanan dengan mengambil foto, menulis jurnal, atau membuat video.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga diri dengan istirahat yang cukup, makan yang teratur, dan tetap terhidrasi. Jangan memaksakan diri dan dengarkan kebutuhan tubuhmu selama perjalanan.

Dengan kembali dibukanya kesempatan untuk bepergian ke berbagai destinasi, ini saat yang tepat bagimu untuk mempersiapkan liburan yang kamu impikan dengan memperhatikan hal-hal di atas. Terlepas dari fenomena revenge tourism yang banyak dilakukan, tetap perhatikan budget yangAnda keluarkan agar lebih efisien.