BUSINESS

KADIN Indonesia-Swiss Luncurkan Jaringan Indonesia Sustainability 4.0

Ini fungsi dari Jaringan Indonesia Sustainability 4.0.

KADIN Indonesia-Swiss Luncurkan Jaringan Indonesia Sustainability 4.0Kadin Indonesia-Swiss Luncurkan Jaringan Indonesia Sustainability 4.0 /Fortune Indonesia Suheriadi

by Suheriadi

26 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE- Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) menggandeng Kamar Dagang Swiss-Indonesia (SwissCham) meluncurkan Jaringan Indonesia Sustainability 4.0. Sebanyak 90 perusahaan dan UKM menunjukkan dukungan dan komitmen kuat mereka terhadap Indonesia Sustainability 4.0 Network dengan berpartisipasi dalam acara penandatanganan ikrar. Tindakan simbolis ini mencerminkan dedikasi terhadap keberlanjutan dan pendekatan visioner mereka terhadap kolaborasi. 

“Kerjasama semua sektor termasuk masyarakat sipil, akademisi, sektor publik, dan negara tidak hanya diperlukan tetapi juga mendesak untuk berhasil mencapai tujuan universal SDG 2030,” ujar H.E. Olivier Zehnder, Duta Besar Swiss untuk Indonesia saat ditemu di Menara Kadin Jakarta, Selasa (26/9).

Ini fungsi dari Jaringan Indonesia Sustainability 4.0 

Wakil Ketua Umum KADIN, Shinta W. Kamdani.Wakil Ketua Umum KADIN, Shinta W. Kamdani. (dok. KADIN)

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Wakil Ketua Koordinator III Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia), Shinta Kamdani menjelaskan, jaringan ini merupakan perluasan inisiatif B20 Sustainability 4.0 Awards bersama mitra lainnya dengan tujuan mempercepat implementasi SDGs. 

"Melalui jaringan ini, KADIN sebagai suara dunia usaha berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi menjembatani kesenjangan besar dalam pendanaan yang dibutuhkan untuk melaksanakan SDGs," jelas Shinta. 

Ia menambahkan, jaringan ini akan menampilkan program yang komprehensif dan berkesinambungan, termasuk sesi pendidikan, pelatihan, dan lokakarya; kolaborasi proyek; serta business needs matching. 

Selain itu, hasil dari kegiatan-kegiatan ini akan terwujud dalam beberap bentuk kerjasama yang mendorong dampak positif dan lebih besar pada empat bidang utama yakni mempromosikan pemimpin perempuan dalam keberlanjutan (SDG 5), meningkatkan akses terhadap air bersih (SDG 6), memajukan transisi energi bersih dan mencapai emisi net-zero (SDG 7), serta mengurangi dan menggunakan kembali plastik (SDG 12). 

Jaringan Indonesia Sustainability 4.0 juga membuka peluang kepada dunia usaha dari semua tingkatan dan industri untuk bergabung dalam gerakan transformatif ini. Dengan menjadi bagian dari komunitas ini, berbagai perusahaan dan UKM di Indonesia diharapkan dapat secara aktif membentuk keberlanjutan, dan Indonesia menjadi contoh yang baik dalam kepemimpinan yang bertanggung jawab dan visioner. 

Related Topics