Comscore Tracker
BUSINESS

5 Fakta Kolaborasi Anteraja dengan Grab dan Gojek, Apa Manfaatnya?

Bagaimana bentuk kolaborasi itu?

5 Fakta Kolaborasi Anteraja dengan Grab dan Gojek, Apa Manfaatnya?Dok. Tanayastri Dini

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Setelah bermitra dengan Gojek, Anteraja (PT Tri Adi Bersama) pun turut menggandeng Grab Indonesia guna memperluas jangkauan pengiriman ke berbagai penjuru negeri. Bagaimana bentuk kerja sama itu?

Sedikit informasi, Anteraja merupakan perusahaan patungan antara Triputra Group, SF Express asal Tiongkok, dan Tokopedia. Uji coba layanan Anteraja berlangsung pada Maret 2019.

Lantas, seperti apa bentuk kerja sama Anteraja dengan Grab Indonesia dan Gojek? Apa saja manfaatnya?

1. Manfaat Kerja Sama Anteraja dengan Grab dan Gojek

Melalui kolaborasi dengan Grab dan Gojek, Anteraja berharap mampu mengembangkan ekosistem logistik berbasis aplikasi. Layanan logistik Gojek dan Grab pun bakal tersedia di ekosistem pengiriman last-mile Anteraja. Melansir laporan Deal Street Asia pada Selasa (10/8), Anteraja juga akan mendapat akses ke jutaan mitra pengemudi Grab-Gojek.

Selain dengan Grab dan Gojek, Anteraja juga akan berkolaborasi dengan mitra lain dalam waktu dekat. Anteraja sendiri menerima dua jenis mitra, yakni: korporasi dan penjual daring.

2. Bentuk Kerja Sama dengan Grab

Ilustrasi logo Grab.

Anteraja bermitra dengan Grab untuk layanan pengiriman antarkota. Dengan begitu, mitra pengiriman antarkota di aplikasi Grab kini ada dua--Ninja Express dan Anteraja.

“Dengan kebutuhan pengiriman antarkota yang terus meningkat, kami berkolaborasi dengan Grab dan yakin bisa terus wujudkan ekosistem logistik yang lebih nyaman, terjangkau serta lengkap, yang didukung oleh teknologi terintegrasi,” jelas VP Sales & Marketing Anteraja, Andri Hidayat, dalam keterangan resminya.

Selain itu, Anteraja dan Grab juga memperluas ekosistem last mile delivery--salah satu fondasi Anteraja. Layanan itu bertujuan memudahkan pelaku UMKM mengantar barang langsung ke alamat konsumen.

Director of 2-Wheels & Logistics (GrabExpress) Tyas Apsari Widyasyuti mengatakan, “Kami berharap kerja sama ini dapat memberi dampak positif bagi para pelaku usaha dan masyarakat.”

3. Kerja Sama Anteraja dengan Gojek

Sebelum merangkul Grab, Anteraja telah lebih dulu menggandeng Gojek untuk layanan GoSend Instant dan GoSend. Berbeda dari kemitraan dengan Grab, kerja sama Anteraja-Gojek lebih memusatkan perhatian pada layanan pengiriman paket secara instan pada hari yang sama.

Menurut keterangan resmi, Anteraja dan Gojek baru akan memulai kerja sama pada akhir Agustus 2021 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

4. Ketentuan Kirim Paket Antarkota Anteraja di Aplikasi Grab

Ada dua layanan Anteraja yang dapat Anda gunakan via aplikasi Grab, yaitu: Regular dan Next Day. Perusahaan mengklaim, pengantaran akan memakan waktu satu hari.

Lebih lanjut, Anda hanya dapat mengirim barang dengan berat maksimal 50 kilogram bila menggunakan layanan Anteraja pada aplikasi Grab.

5. Cara Kirim Paket Antarkota di Grab Pakai Layanan Anteraja

Ilustrasi Paket Anteraja.

Anda kini sudah bisa menggunakan layanan pengiriman paket antarkota lewat aplikasi Grab. Caranya mudah, cukup ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Grab.

  • Pilih GrabExpress di menu utama.

  • Pilih layanan Intercity Delivery (Pengiriman Antarkota).

  • Pilih mitra Anteraja.

  • Tentukan opsi pengiriman: Regular atau Next Day.

  • Tulis alamat penjemputan dan pengiriman paket, serta estimasi berat barang.

  • Pilih jadwal penjemputan paket.

  • Tentukan metode pembayaran.

  • Klik Konfirmasi dan Pesan.

Sejak peluncuran pada Jumat (6/8) hingga 31 Agustus 2021, layanan Anteraja pada aplikasi Grab menggratiskan ongkos kirim hingga 60%.

Related Articles