BUSINESS

Kekayaan Joe Biden Naik Jadi Rp152 M, Karena Apa?

Kepemilikan properti jadi kunci kenaikan kekayaan Joe Biden.

Kekayaan Joe Biden Naik Jadi Rp152 M, Karena Apa?Presiden Amerika Serikat Joe Biden (tengah) tiba di terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022). ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta

by Tanayastri Dini Isna KH

01 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Berapa besar estimasi kekayaan Joe Biden, Presiden Amerika Serikat (AS)? Lalu, dari mana sumber hartanya?

Dikutip dari Forbes, kekayaan Biden diperkirakan mencapai US$10 juta atau sekitar Rp152,36 miliar, berdasarkan kurs Rp15.236,45 per dolar AS pada Jumat (1/9).

Lantas, apa penyebab di balik kenaikan hartanya tersebut? Bukan karena bisnis keluarga di berbagai belahan dunia, melainkan karena properti yang dia miliki. Sama seperti mayoritas orang Amerika di usia 80 tahun lain, Biden aktif di bidang itu.

Presiden AS itu memiliki dua rumah di Delaware, negara bagian terkecil kedua dan terpadat keenam di AS. Nilainya diestimasi mencapai US$7 juta jika diakumulasi, melonjak US$1,8 juta dari awal 2021, ketika dia baru menjadi presiden.

Sumber kekayaan Joe Biden: properti, aset, dan gaji

Presiden Joko Widodo dan Presiden Joe Biden.Presiden Joko Widodo dan Presiden Joe Biden. (dok. Setpres)

Properti Biden yang paling berharga berlokasi di Pantai Rehoboth, yakni berupa rumah musim panas 4.800 kaki persegi dengan nilai sekitar US$4,5 juta. Dia membelinya pada 2017, saat berhenti jadi Wakil Presiden dengan mengantongi pendapatan US$11,1 juta dari berpidato dan buku. Akhirnya, dia membangun kolam yang merogoh biaya sekitar US$75.000 pada November 2017.

Memang tampak seperti pengeluaran besar. Namun, baginya itu investasi berharga. Karena, ketika pandemi terjadi, para pembeli rumah berburu properti besar yang memiliki fasilitas luar ruangan seperti rumah musim panas milik Biden itu. Maka dari itu, harga rumah Biden itu kini melonjak US$1,7 juta dari harga awalnya.

Selain itu, dia juga pernah menjual beberapa propertinya dnegan harga tinggi. Dulu, dia mempunyai rumah di area Greenville di Wilmington, yang dibeli seharga US$350.000 pada 1996 dalam bentuk sebidang tanah. Kemudian, dia mendirikan rumah kolonial dengan luas 6.850 kaki persegi pada 1998. Saat ini, rumah itu diperkirakan sudah bernilai US$2,5 juta.

Selain properti, Joe Biden pun menyimpan aset senilai US$310.000, yang berasal dari investasi reksa dana. Lalu, dia juga mengantongi gaji sebesar US$400.000 per tahun, serta tunjangan pensiun US$250.000.

Demikian estimasi jumlah kekayaan Joe Biden dan sumber-sumber hartanya. Dua tahun belakangan ini, kekayaannya bertambah dari US$8 juta saat baru menjabat di awal 2021 berdasarkan data Forbes.