BUSINESS

Menengok Sejarah Perusahaan Jco, Waralaba Donat RI yang Mendunia

Brand ini sukses menambah gerai di luar negeri.

Menengok Sejarah Perusahaan Jco, Waralaba Donat RI yang MenduniaSejarah perusahaan Jco. (Website J.Co)
11 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sejarah perusahaan Jco dimulai medio 2000-an, ketika Johnny Andrean yang msebelumnya dikenal sebagai pemilik bisnis salon kecantikan, memasuki  waralaba donat dan kopi. Ia menantang sang penguasa pasar saat itu, Dunkin Donuts dari Amerika Serikat (AS).

Johnny merantau ke Jakarta sekitar tahun 1980-an. Awalnya, ia tak langsung masuk bisnis kuliner. Saat itu, berbekal keterampilan menata rambut dari sang ibu, ia mulai merintis salon di Jakarta Utara.

Ide masuk ke bisnis donat lahir saat Johnny berkunjung ke Amerika Serikat (AS) dan melihat bagaiamana donat-donat dijajakan di sana. Mengacu pada buku 50 Great Business Ideas from Indonesia: Gebrakan Perusahaan-Perusahaan Indonesia yang Mendunia (2010) karya Muhammad Ma’ruf, J.Co Donuts and Coffee mulai berjalan pada 26 Juli 2005.

Pada awalnya, Johnny hanya ingin membuka waralaba donat asal AS di Indonesia. Tapi, saat itu ia tak puas dengan sejumlah aspek merek tersebut; dari bahan baku sampai dengan proses produksi.

Akhirnya, ia pun memutuskan menerapkan strategi ATM (amati-tiru-modifikasi). Ia mengombinasikan banyak unsur, seperti tampilan toko yang terinspirasi dari Jepang, cara penyajian dari Eropa, hingga impor bahan baku. Kini, J.Co Donut and Coffee memiliki lebih dari 300 jaringan di dunia.

Related Topics