FINANCE

Cara Validasi NIK Jadi NPWP Lewat DJP Online

Cara validasi NIK jadi NPWP lewat DJP Online secara mandiri.

Cara Validasi NIK Jadi NPWP Lewat DJP OnlineIlustrasi NPWP/Dok. Pinterest/sahrul ddv

by Desy Yuliastuti

13 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Cara validasi NIK jadi NPWP lewat DJP Online perlu diketahui seiring imbauan dari Direktur Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Suryo Utomo. Ia mengajak masyarakat dan wajib pajak (WP) untuk melakukan validasi atau integrasi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara mandiri.

Langkah ini diambil terkait dengan rencana pemerintah yang akan menerapkan penggunaan NIK dalam seluruh transaksi pajak mulai 1 Januari 2024. Suryo menjelaskan bahwa proses validasi atau integrasi NIK ke NPWP dapat dilakukan oleh masyarakat WP melalui laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

"Secara prinsip apabila wajib pajak bisa melakukan validasi melalui platform kami. Sehingga, bisa melakukan hak dan kewajiban perpajakan dengan NIK," ujar Suryo, dilansir dari ANTARA, Rabu (13/12).

Tercatat hingga akhir Juli 2023, DJP Kemenkeu telah berhasil mengintegrasikan lebih dari 50 juta NPWP dengan NIK. Suryo mengatakan, apabila sudah terintegrasi maka masyarakat tidak perlu lagi mengingat NPWP untuk mengakses sistem informasi DJP. Penggunaan NIK akan menjadi kunci utama dalam akses ke sistem tersebut.

"Sebanyak 57,8 juta NIK telah terintegrasi dengan NPWP. Saat ini, masih memungkinkan untuk mencetak kartu NPWP. Namun, ke depannya, tidak perlu lagi mengingat NPWP, cukup menggunakan nomor KTP karena akan digunakan sebagai kunci akses ke sistem informasi DJP," ujar Suryo.

Berikut ini cara validasi NIK jadi NPWP melalui DJP Online untuk mempermudah mengakses sistem informasi DJP.

Cara validasi NIK jadi NPWP melalui DJP Online

Berikut adalah beberapa tahapan yang perlu diikuti oleh masyarakat dan wajib pajak (WP) untuk melakukan validasi atau integrasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP):

  • Masuk ke laman DJP Online di https://djponline.pajak.go.id/account/login.
  • Login ke laman DJP Online dengan memasukkan NPWP beserta kata sandi dan kode keamanan (captcha) yang tersedia.
  • Setelah berhasil login, langsung masuk ke menu utama dan klik 'Profil.'
  • Dalam laman Profil tersebut akan ada status validitas utama yang Anda miliki, apakah 'Perlu Dimutakhirkan' atau 'Perlu Dikonfirmasi.' Status ini menandakan kalau Anda perlu melakukan validasi NIK.
  • Dalam halaman menu Profil terdapat Data Utama. Dalam laman tersebut ada kolom NIK/NPWP. Anda perlu mengisi kolom tersebut dengan 16 digit NIK.
  • Jika sudah selesai, kemudian klik 'Validasi.'
  • Sistem kemudian akan melakukan validasi data dengan yang tercatat di Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Bila data yang ada valid maka sistem akan menampilkan notifikasi informasi bahwa data telah ditemukan. Kemudian klik 'OK' pada notifikasi tersebut.
  • Selanjutnya, pilih opsi 'Ubah Profil.'
  • Anda juga perlumelengkapi bagian data KLU dan anggota keluarga. Apabila semua proses sudah selesai dan tervalidasi, Anda dapat menggunakan NIK untuk login ke DJP Online.

Suryo menargetkan, sebanyak 69 juta data NPWP terhubung ke NIK hingga akhir 2023. Oleh karena itu, DJP akan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat semakin paham dan mudah dalam hal pembayaran serta pelaporan pajak.

"Ini kan kami sedang bangun sistem supaya masyarakat bisa menjalankan dengan baik. Setelah sistemnya selesai, nanti ada satu forum sebelum implementasi, kami bicara supaya masyarakat paham," ujar Suryo.

Demikian cara validasi NIK jadi NPWP lewat DJP Online. Salah satu bentuk kemudahan dari integrasi NIK dengan NPWP adalah masyarakat tidak lagi harus mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk membuat akun lapor pajak.

Related Topics