Comscore Tracker
FINANCE

Susul BNI dan BRI, Bank Mandiri Siap Masuk Metaverse 

Pengembangan sektor jasa keuangan di metaverse tahap awal.

Susul BNI dan BRI, Bank Mandiri Siap Masuk Metaverse Bank Mandiri Metaverse

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri) berkolaborasi dengan WIR Group untuk masuk dan mengembangkan bisnis di metaverse. Langkah tersebut mengikuti jejak bank yang telah masuk ke metaverse terlebih dahulu yakni BRI dan BNI. 

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam sambutannya menyebut, kolaborasi ini akan memberikan warna baru khususnya dalam sektor perbankan. 

"Dengan adanya Metaverse ini, Bank Mandiri juga turut akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia," ujarnya di Jakarta, Rabu (16/3). 

Kembangkan bisnis, Bank Mandiri siap buka cabang di metaverse

Metaverse lanjut Darmawan merupakan tempat yang ideal untuk melakukan ekspansi bisnis digital secara menyeluruh tanpa dibatasi oleh ruang fisik. 

“Kami akan menggali potensi layanan perbankan di Metaverse, mulai dari basic banking seperti virtual branch hingga layanan yang bersifat beyond banking," kata Darmawan. 

Pengembangan sektor jasa keuangan di metaverse baru tahap awal

Darmawan menambahkan, kehadiran industri jasa keuangan di Metaverse sendiri baru memasuki tahap pengembangan awal. Ke depannya tidak tertutup kemungkinan Metaverse akan menjadi lokasi berkembangnya future banking yang berbasis advanced technology.  

"Masa depan perbankan digital akan sangat berbeda dengan hari ini," tambah Darmawan.

Beberapa tahun belakangan ini, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia cukup besar. Hingga akhir Triwulan IV 2021, diperkirakan pengguna layanan internet di Indonesia mencapai 73,3 persen dari total penduduk Indonesia atau sekitar 202 juta orang. 

Terus bertransformasi kembangkan Livin' by Mandiri

Melihat tren tersebut, Bank Mandiri pun telah bertransformasi dengan meluncurkan Financial Super App Livin’ by Mandiri untuk nasabah retail dan Wholesale Digital Platform Kopra by Mandiri. 

“Kedepannya akan banyak fitur-fitur baru yang dikembangkan, termasuk Metaverse ini, dengan layanan yang semakin berfokus kepada nasabah," kata Darmawan. 

Tercatat, Livin' by Mandiri sampai dengan akhir Desember 2021 telah diunduh oleh 10 juta pengguna dan membukukan nilai transaksi sebesar Rp 1.630 triliun dengan jumlah transaksi menembus 1,5 miliar. 

Sementara Kopra by Mandiri, telah mampu mengelola transaksi sebanyak Rp 13.545 triliun termasuk transaksi trade sebesar Rp 553 triliun dan transaksi bank garansi senilai Rp 94,3 triliun akhir tahun lalu.

Related Articles