LUXURY

10 Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2022 Versi Skytrax

Qatar juara,Indonesia nomor berapa?

10 Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2022 Versi SkytraxBandara Internasional Hamad, Watar jadi bandara terbaik di dunia 2022/Dok. Skytrax

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Skytrax, perusahaan konsultan asal Inggris yang melakukan riset mengenai maskapai penerbangan, baru-baru ini merilis peringkat bandara terbaik di dunia tahun 2022.

Bandara Internasional Hamad, Qatar menjadi juaranya. Diberitakan Traveller, Bandara Internasional Hamad Qatar di Doha menduduki posisi pertama selama dua tahun berturut-turut dan berhasil mengalahkan Bandara Haneda di Tokyo dan Changi di Singapura. Sementara, peringkat Bandara Sydney anjlok.

Bandara Changi di Singapura pun sudah lengser dari posisi puncak sejak tahun 2021. Padahal, sebelumnya bandara ini dinobatkan sebagai bandara terbaik dunia selama delapan tahun berturut-turut.

Penghargaan Bandara Dunia dari Skytrax ini diumumkan di Expo Terminal Penumpang di Paris, Kamis (16/6). Survei untuk menentukan urutan peringkat dilakukan berdasarkan kepuasan penumpang yang mencakup check in, kedatangan, transit, belanja, keamanan, imigrasi dan keberangkatan.

"Sementara bandara di seluruh dunia terus terkena dampak pandemi sepanjang tahun 2021, Bandara Internasional Hamad melayani 17,1 juta penumpang pada tahun 2021 dan melanjutkan rencana ekspansinya," kata Edward Plaisted dari Skytrax.

Sang jawara, Bandara Internasional Hamad mempunyai 7,1 juta penumpang saat melewati kuartal pertama di tahun 2022. Bandara ini pun berencana meningkatkan kapasitasnya jadi 60 juta penumpang per tahun.

Qatar juga nantinya akan jadi tuan rumah di Piala Dunia FIFA pada bulan November dan Desember. Diperkirakan, lebih dari 1,5 juta pengunjung akan datang selama turnamen sepak bola.

10 bandara terbaik di dunia tahun 2022

Berikut daftar lengkap 10 bandara terbaik di dunia versi Skytrax yang dipublikasikan via laman worldairportawards.com. 

  1. Bandara Internasional Doha Hamad, Qatar
  2. Bandara Internasional Tokyo Handeda, Jepang
  3. Bandara Internasional Changi, Singapura
  4. Bandara Internasional Tokyo, Narita
  5. Bandara Internasional Seoul Incheon, Korea Selatan
  6. Bandara Internasional Paris Charles d Gaulle, Paris
  7. Bandara Internasional Munich, Jerman
  8. Bandara Internasional Istanbul, Turki
  9. Bandara Internasional Zürich, Swiss
  10. Bandara Internasional Kansai, Jepang.

Bagaimana dengan Indonesia? Bandara di Indonesia belum masuk jajaran 10 besar bandara terbaik di dunia. Tahun ini, Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-51, bergeser cukup jauh dibandingkan tahun 2021 yang menduduki posisi ke-34 dunia.

Bandara tersibuk di dunia

Tak hanya bandara terbaik di dunia tahun 2022 yang menjadi sorotan. Bandara tersibuk juga jadi perhatian, Data dari analis OAG, Hamad saat ini menjadi bandara internasional tersibuk ke tujuh di dunia. London Heathrow menduduki peringkat satu lalu diikuti oleh Bandara Internasional Dubai.

Di peringkat kedua, ada Bandara Internasional Haneda Tokyo di tengah perbatasan Jepang untuk orang asing . Bandara ini menduduki urutan ke delapan di kategori bandara tersibuk di dunia dengan menggabungkan kursi domestik dan internasional yang tersedia.

Beralih ke Australia, Brisbrane menjadi bandara dengan peringkat tertinggi di negaranya. Berada di urutan 22, peringkatnya naik cukup jauh saat sebelumnya berada di urutan 32. Melbourne turun empat peringkat dari peringkat ke-22 ke 26 dan Sydney melorot ke urutan 41 dari 28.

Brisbrane memenangkan tiga penghargaan regional di Australia/Pasifik. Pertama bandara terbaik, lalu staf bandara terbaik dan juga bandara terbersih.

Itu dia 10 bandara terbaik di dunia tahun 2022 versi Skytrax, mana yang pernah Anda singgahi? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Related Articles