Comscore Tracker
LUXURY

5 Jam Tangan Termahal di Dunia

Super mewah dengan harga hingga ratusan miliar rupiah!

5 Jam Tangan Termahal di DuniaGraff Diamonds Hallucination/lebook.com

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Jam tangan tak hanya digunakan sebagai aksesori pelengkap penampilan. Namun, jam tangan juga menjadi penentu status sosial.

Bagi sebagian orang, jam tangan juga merupakan aset berharga yang dapat menjadi investasi dengan keuntungan hingga berkali lipat. Ini tentunya menjadi nilai tambah dalam memilih investasi barang mewah.

Peluang cuan dari jam tangan membuat orang tak segan membayar mahal. Bahkan ada jam tangan yang dibanderol dengan harga ratusan miliaran rupiah, mengalahkan harga mobil dan rumah. Berikut 5 jam tangan termahal di dunia dan keunggulannya dilansir dari Luxe Digital.

5. Jaeger-LeCoultre Joaillerie 101 Manchette

Merek papan atas Jaeger-LeCoultre membuat arloji yang rumit ini sebagai hadiah bagi Ratu Elizabeth II untuk merayakan tahun ke-60 pemerintahannya.

Dengan profilnya yang benar-benar unik, terbuat dari emas putih dan menampilkan serangkaian tautan yang dipoles dan bertatahkan berlian, ditambah gerakan kaliber 101 miniatur (salah satu yang terkecil di dunia), jam tangan eksklusif ini layak masuk sejarah. Jaeger-LeCoultre Joaillerie 101 Manchette dibanderol seharga US$26 juta atau sekitar Rp376 miliar.

4. Breguet Grande Complication Marie Antoinette

Legenda mengatakan, jam ini dahulu diniatkan untuk diberikan kepada Ratu Prancis terakhir, yakni Marie Antoinette, pada 1782. Namun apa daya, jam yang dibuat selama lebih dari empat puluh tahun ini tidak sampai kepada pemiliknya.

Marie Antoinette lebih dulu wafat sebelum sang pemuja memberikan jam ini. Maka wajar saja harganya melambung tinggi.

Setelah dicuri pada akhir 1900-an, jam tangan berbalut emas itu sekarang terkunci dengan aman di museum L.A. Mayer. Ditaksir harganya mencapai US$30 juta atau Rp434 miliar.

3. Patek Philippe Grandmaster Chime Ref. 6300A-010

Duduk di urutan ketiga, jam tangan ini merupakan jam tangan keluaran Patek termahal yang pernah dijual. Grandmaster Chime menawarkan 20 komplikasi berbeda, termasuk lima mode dentingan yang berbeda sesuai namanya, serta alarm akustik dan pengulang tanggal. Kedua dial berwarna biru opaline dengan angka yang diaplikasikan emas dan pelat dial emas 18K solid. 

Tak hanya itu, case-nya berwarna emas putih dan talinya terbuat dari kulit buaya berwarna biru laut. Arloji ini memiliki dua tombol, satu di depan, satu di belakang dan dibanderol US$31 juta atau sekitar Rp449 miliar.

2. Graff Diamonds The Fascination

Menempati posisi kedua dalam daftar jam tangan paling mahal di dunia, The Fascination karya Graff Diamonds memoles beberapa berlian paling terkenal di dunia.

The Fascination bukan hanya mahakarya keahlian horologis, tetapi juga merupakan demonstrasi unik dari penguasaan berlian. 

Arloji ini terdiri dari 152,96 karat berlian putih dan dial berlian berbentuk buah pir 38 karat di tengahnya, yang juga dapat dipakai sebagai cincin. Jam tangan ini dihargai US$40 juta atau sekitar Rp579 Miliar.

1. Graff Diamonds Hallucination

Jam tangan termahal yang pernah dibuat adalah ciptaan Graff Diamonds lainnya, yaitu seri Diamonds Hallucination. Seperti namanya, ia benar-benar menakjubkan dan fantastis.

Arloji mewah satu ini menampilkan rangkaian kaleidoskopis 110 karat berlian berbagai warna dalam berbagai potongan berbeda. Beberapa warna yang dapat terlihat di ntaranya adalah kuning, merah muda, biru, hijau, serta jingga.

Selain itu, pencipta jam ini juga berkreasi dengan cara memotong permata dengan berbagai macam bentuk seperti hati, pear, marquise, emerald, hingga bulat. Perpaduannya diatur ke dalam gelang platinum. The Hallucination menghadirkan mode kelas atas ke dunia horologi. 

Sebenarnya jam ini lebih cocok disebut dengan perhiasan, atau malah karya seni dari sang pencipta jam itu sendiri, Laurence Graff. Graff Diamonds Hallucination dibanderol US$55 juta atau sekitar Rp787 miliar. 

Related Topics

Related Articles