Comscore Tracker
LUXURY

Mengintip Jam Tangan Daur Ulang Unik Keluaran Zenith

“Desert X Prix" dibuat dari ban daur ulang e-grip.

Mengintip Jam Tangan Daur Ulang Unik Keluaran ZenithDefy Extreme E "Desert X Prix" by Zenith/Dok. Zenith

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Musim kedua Extreme E, seri balapan off-road internasional SUV listrik akan dimulai pada pekan ini. Merayakan pembukaan ajang bergengsi itu, founding partner Extreme E serta pencatat waktu resmi (official timekeeper) Zenith membuat kreasi baru bagi penggemar jam tangan.

Bertajuk Defy Extreme E "Desert X Prix", arloji ini merupakan arloji edisi khusus pertama dari Defy Extreme Carbon. Seri Extreme E yang eksklusif ini akan menampilkan lima edisi terbatas untuk setiap balapan di musim ini, dimulai dari Desert X Prix di kota masa depan Neom. 

Terletak di sisi barat laut Arab Saudi, kota Neom dibangun di medan di sepanjang pantai Laut Merah yang memiliki bukit pasir luas serta daerah pegunungan. 

Terinspirasi dari arena balap yang ekstrem

Defy Extreme E "Desert X Prix" dibekali cangkang tahan air dan tahan benturan yang kokoh, terinspirasi dari kondisi arena balap yang ekstrem. Lapisan penutup atau coating cangkang menggunakan material berupa ban daur ulang E-grip, sedangkan penutup pelat dibuat dari terpal yang digunakan dalam ajang Extreme E. 

Merek arloji asal Swiss tersebut memanfaatkan material serat karbon yang ringan dan tahan lama, termasuk pada dua tombol kronograf dan kenop pemutar (crown). Sementara itu, pelindung tombol dan bezel 12 sisi terbuat dari micro blasted titanium.

Aksen kuning dan beige yang merupakan warna resmi Desert X Prix menghiasi skala di tepi dial serta skala di tiga subdial. Jarum dan indeks jam, serta jarum di ketiga subdial diberi warna putih, diikuti simbol bintang dan branding "Zenith El Primero" di bawah indeks jam 12. 

Gerakan mesin kaliber kronograf otomatis yang ditanamkan pada arloji ini bisa dilihat dari kedua sisi, baik bagian dial maupun cangkang belakang. Mesin tersebut dapat menghitung waktu 1/100 detik, disertai dua escapement

Satu escapement berdetak pada 36.000 VpH untuk menghitung waktu, sedangkan escapement lain yang berdetak pada kecepatan 360.000 VpH untuk fungsi kronograf. 

Signature “Desert X Prix”

Jam tangan ini dibuat khusus dengan kaca kristal safir. Pada bagian cangkang belakang dibubuhkan logo Desert X Prix. Defy Extreme E juga dilengkapi tali karet dari bahan berkelanjutan, yakni ban Continental CrossContact yang didaur ulang.

Tali velcro menampilkan karet hitam yang dilapisi material cordura berwarna kuning. Dalam paket pembelian, Anda bisa mendapatkan tambahan tali karet hitam dan tali velcro hitam yang mudah diganti menggunakan mekanisme penggantian tali cepat di bagian belakang cangkang arloji. 

Arloji ini akan memulai debut di balapan Extreme E Desert X di Neom, Arab Saudi, yang digelar pada 19-20 Februari 2022. Jika Anda tertarik, jangan tunda memilikinya karena edisi khusus Zenith Defy Extreme E “Desert X Prix" dijual terbatas. Hanya ada 20 unit saja di dunia, 

Related Articles