Comscore Tracker
LUXURY

Pesan Kesetaraan dalam Kolaborasi Jordan x Maison Château Rouge

Misi untuk menyatukan anak muda sedunia.

Pesan Kesetaraan dalam Kolaborasi Jordan x Maison Château RougeJordan x Maison Château Rouge/Dok. Yankeekicks via Hypebeast

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Nike kembali mengumumkan kolaborasi dengan Maison Château Rouge dalam koleksi ready-to-wear untuk Musim Semi/Musim Panas 2022. Kolaborasi yang telah diumumkan sejak awal tahun ini memperkenalkan beberapa item pakaian dan sepatu baru.Langkah ini juga memperkuat upaya jenama asal Amerika Serikat ini untuk memperluas rangkaian merchandise globalnya lewat brand Jordan.

Air Jordan menjadi sebuah sneakers yang tak lekang oleh waktu. Sneakers yang pada awalnya dibuat untuk pebasket Michael Jordan ini sudah bertahun-tahun lamanya dirilis, tapi masih menjadi perhatian para sneakerhead hingga saat ini.

Nike pertama kali membuatkan sneakers untuk Michael Jordan pada tahun 1984 yang kini kita kenal dengan Air Jordan I. Meski sudah dipakai oleh Jordan di tahun tersebut, nyatanya produk Air Jordan I baru dirilis ke pasaran pada tahun 1985. Menariknya hingga saat ini Air Jordan I masih menjadi incaran para pencinta sneakers basket sebagai salah satu sneakers basket yang sangat ikonik dari Air Jordan.

Jika pada awalnya Air Jordan merupakan seri keluaran dari Nike, kini Air Jordan sudah menjadi brand sendiri. Hal ini terjadi setelah 13 tahun perilisan Air Jordan pertama, tepatnya sesaat setelah Air Jordan XIII dirilis. Sejak saat itu Air Jordan menjadi brand yang berdiri mandiri dengan sebutan Jordan brand.

Misi untuk menyatukan anak muda sedunia

Menariknya, koleksi ready-to-wear kolaborasi Jordan Brand x MCR yang memiliki misi untuk menyatukan anak muda sedunia. Kreasi anyar ini terdiri dari jaket, celana, dan kemeja yang cocok digunakan untuk siapa saja. 

Kolaborasi ini menghadirkan dua sneaker baru, yaitu Jordan Series Mid dan Jordan 2’s dalam colorway putih dan cokelat. Untuk colorway putih, upper-nya berbahan kulit berwarna putih solid dengan detail oranye yang kontras di dasar toe box, lengkap dengan top-stitching oranye besar serta detail hitam dan kuning di area lidah. 

Sementara itu, colorway cokelat terdiri dari upper kulit berwarna cokelat dan outsole karet putih, dengan tali sepatu berwarna putih-oranye dan lapisan pelindung lidah dengan aksen bergerigi.

Menegaskan identitas plural anak muda

Soal kolaborasi barunya, pendiri Maison Château Rouge founder, Youssouf Fofana, menyebut kolaborasi ini tercipta berkat kaitan antara Michael Jordan dan Paris.

“Kami melihat foto kunjungan pertama MJ ke Paris, di mana dia mengunjungi Menara Eiffel Tower, menghasilkan foto terkenalnya yang memegang bola." "Dari sinilah kami 'klik',” kata Fofana kepada Hypebeast, dikutip Kamis (14/7).

"Sandrine dan Chléo dari MCR pun membuat print dari foto ini, yang akhirnya membuat kami dapat memproduksi produk komemoratif luar biasa ini,” ujar Fofana, menambahkan.

Fofana menambahkan, koleksi yang juga dinamakan United Youth International ini bertujuan untuk merepresentasikan keinginan menegaskan identitas plural anak muda yang memiliki profil, budaya, dan komunitas yang berbeda, tapi dengan cita-cita yang sama.

Menurut dia, cita-cita tersebut adalah ingin mengangkat setiap komunitas, diaspora, dan budaya dengan menunjukkan persamaan dan kesetaraan, bukan perbedaan.

“Tujuan Maison Château Rouge adalah untuk memberikan kembali hal-hal itu kepada masyarakat di mana pun, baik di benua Afrika atau pun di mana pun juga,” katanya.

Koleksi Jordan Brand x Maison Château Rouge diluncurkan pada 24 Juni 2022 dan bisa diperoleh via laman resmi Nike.

Related Topics

Related Articles