Comscore Tracker
LUXURY

Porsche Macan 3 Resmi Meluncur di Indonesia

Porsche Macan, Macan S, dan Macan GTS jadi primadona baru.

Porsche Macan 3 Resmi Meluncur di IndonesiaPorsche Macan 3/Dok. Porsche Indonesia

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Porsche Indonesia resmi meluncurkan SUV yang dijuluki “Macan 3” ini pada hari Jumat (18/3). Line up terbaru model Porsche ini menjadi penyegaran kedua sejak Macan beredar pertama kali di tahun 2014. 

Ada tiga varian ditawarkan, yaitu Macan, Macan S, dan Macan GTS yang dibuat dan disesuaikan untuk pasar Indonesia. Versi terbaru dari model SUV terlaris ini tampil dengan visual lebih sporty, teknologi lebih canggih, dan performa menggoda.

“Macan baru, yang terinspirasi dari kata bahasa Indonesia untuk harimau, adalah model baru yang sangat dinanti dan kami senang bahwa generasi terbaru dari jajaran SUV kami ini telah tiba di sini di Indonesia,” kata Managing Director Porsche Indonesia Michael Vetter, dalam keterangan resmi Porsche Indonesia.

Michael Vetter mengatakan, All-New Macan kini tersedia di dealer Porsche di seluruh Indonesia, dengan performa yang lebih baik, desain yang lebih tajam, dan konsep pengoperasian yang baru.

“Dengan lima pintu dan lima kursi, Macan benar-benar tak terbantahkan dan tak terbendung. Dengan generasi terbaru ini, Macan tetap menjadi SUV kompak paling sporty, dengan DNA Porsche yang dengan mudah dapat langsung dikenali. Kami yakin bahwa Macan baru akan menjadi hit di segmennya,” katanya.

Performa Porsche Macan 3

Sebagai unggulan sporty dari jajaran SUV, Macan GTS berada di urutan teratas. Mesin biturbo V6 2.9 liternya sekarang menghasilkan 324 kW (440 PS)–peningkatan 44 kW (60 PS). Dengan responsivitas dan penyaluran tenaga yang khas dari mobil Porsche GTS, dapat menyelesaikan sprint 0 hingga 100 km/jam dalam 4,3 detik bila dilengkapi dengan paket Sport Chrono dan mencapai kecepatan tertinggi 272 km/jam. 

Macan S kini juga dilengkapi dengan mesin biturbo V6 2.9 liter yang menghasilkan tenaga 20 kW (26 PS) lebih besar dari sebelumnya, dengan 280 kW (380 PS). Ini mendorong kendaraan dari posisi diam ke 100 km/jam dalam 4,6 detik sementara kecepatan tertingginya mencapai 259 km/jam. 

Mesin empat silinder turbocharged yang baru dikembangkan dengan 195 kW (265 PS) berfungsi sebagai titik masuk ke dunia Macan. Ini menyelesaikan sprint standar 0 hingga 100 km/jam dalam 6,2 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 232 km/jam. 

Semua mesin digabungkan ke transmisi kopling ganda Porsche (PDK) tujuh kecepatan dan sistem penggerak semua roda Porsche Traction Management (PTM). Tambahan terbaru, Macan T, merupakan mobil sport empat pintu pertama yang akan menyandang gelar khusus, yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi model 911 dan 718.

Macan T baru memiliki fitur pengaturan yang sangat dinamis dan mesin turbo dua liter yang ringan, dikombinasikan dengan desain atletik dan berbagai perlengkapan standar yang ideal untuk gaya berkendara yang sporty. Konsep ini memposisikan Macan T di antara Macan dan Macan S.

Sasis yang dioptimalkan dan suspensi udara sport baru untuk GTS

Model Macan baru juga menawarkan bandwidth suspensi yang lebar, menyeimbangkan kenyamanan suspensi maksimum dan performa mobil sport yang dinamis. Sasis telah dioptimalkan lebih lanjut, Macan sekarang merespon dengan lebih sensitif dan lebih langsung terhadap situasi mengemudi dan kondisi jalan, memberikan pengemudi umpan balik yang lebih baik melalui roda kemudi.

Untuk tujuan ini, elemen seperti karakteristik peredam Porsche Active Suspension Management (PASM) telah diadaptasi ulang secara khusus untuk model ini. Ini secara aktif dan terus menerus mengatur gaya redaman untuk setiap roda individu. PASM tersedia sebagai opsi untuk Macan dan merupakan standar untuk model S dan GTS.

Macan GTS sekarang membedakan dirinya dari turunan lainnya bahkan lebih dari sebelumnya dengan suspensi udara sport standar sekarang, yang menurunkan bodi hingga 10 milimeter. Manfaat dinamis dari GTS baru terutama karena fakta bahwa suspensi udara 10 persen lebih kaku pada gandar depan dan 15 persen lebih kencang pada gandar belakang dibandingkan dengan pendahulunya. Paket opsional GTS Sport semakin meningkatkan potensi dinamis mobil, dengan velg berdesain GT 21 inci dengan ban performa, Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus) dan paket Sport Chrono.

Desain yang lebih tajam dengan fokus sporty

Porsche semakin mempertajam visual SUV kompaknya dengan sejumlah perubahan spesifik. Hidung yang didesain ulang dengan inlay pada warna eksterior menekankan lebar Macan, membuatnya terlihat lebih mengesankan di jalan. 

Pada GTS baru, bagian tengah hidung serta elemen lainnya selesai dalam warna hitam. Bagian belakang sekarang dibulatkan ke arah jalan dengan diffuser mencolok dalam desain yang sangat teknis. 

Di sini dan di bagian depan, fitur struktur 3D baru, yang juga tersedia secara opsional untuk bilah samping mobil. Lampu depan LED dengan Porsche Dynamic Light System (PDLS) dan kaca spion eksterior Sport Design kini menjadi standar pada semua model.

Total 14 warna tersedia untuk Macan baru, termasuk warna baru Papaya Metallic dan Gentian Blue Metallic, serta Python Green untuk Macan GTS dengan paket GTS Sport. Dengan pilihan Individual Color and Paint To Sample, Porsche Exclusive Manufaktur secara signifikan memperluas kebebasan desain untuk Macan. 

Roda yang lebih besar juga dipasang sebagai standar, berukuran 19 inci untuk Macan, 20 inci untuk Macan S dan 21 inci untuk Macan GTS. Sebanyak tujuh desain roda baru juga telah ditambahkan ke jajaran Macan terbaru.

Konsol tengah baru dengan permukaan sentuh

Porsche Macan baru menawarkan interior yang ditingkatkan secara substansial dengan konsol tengah yang dirancang modern dan elegan. Konsep pengoperasian barunya, yang memanfaatkan permukaan sentuh alih-alih tombol taktil, menghadirkan struktur yang jelas ke kokpit. 

Tuas pemilih baru yang lebih pendek berada di tengah modul kontrol yang diatur dengan jelas. Jam analog di bagian atas dashboard kini juga menjadi perlengkapan standar. 

Sejumlah paket pelapis kulit dan jahitan kontras dalam Gentian Blue, Papaya atau Crayon tersedia secara opsional untuk menambahkan highlight warna baru pada interior.

Macan terus menawarkan banyak fungsi dan layanan online sebagai standar. Ini dapat dikontrol melalui layar sentuh Full HD 10,9 inci dari Porsche Communication Management atau melalui perintah suara. Macan mengadopsi roda kemudi multifungsi dan GT Sport baru dari 911.

Selain manfaat dinamis dan highlight hitam pada eksterior, paket GTS Sport yang tersedia hanya untuk model teratas juga berisi perlengkapan khusus dan eksklusif untuk interior.

Ini termasuk kursi sport 18-arah, paket interior Carbon, jok Race-Tex dengan elemen kulit yang diperpanjang, berbagai item dengan jahitan kontras dan huruf GTS dalam Python Green.

Untuk Macan 3 ini, Porsche menawarkan masing-masing varian dengan banderol off the road mulai Rp1,7 miliar untuk Macan yang juga tersedia dalam opsi Indonesia Premium Package dengan harga Rp 2,1 miliar

Varian Macan S dibanderol Rp2,23 miliar, sementara Macan GTS bisa didapatkan dengan Rp2,65 miliar. Porsche Macan terbaru sudah tersedia untuk dipesan melalui Porsche Center Jakarta dan Porsche Center Surabaya.

Related Articles