NEWS

10 Skill yang Diperlukan Untuk Menunjang Pekerjaan Masa Depan

Bukan cuma hard skill, tapi juga soft skill.

10 Skill yang Diperlukan Untuk Menunjang Pekerjaan Masa DepanArtificial Intelligence. (ShutterStock/metamorworks)
27 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Zaman berubah, dalam situasi ini manusia dituntut beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, termasuk dalam bidang pekerjaan. Oleh sebab itu, peningkatan skill atau keahlian diperlukan agar pekerja tetap relevan dengan tuntutan dunia kerja di masa depan. 

Menurut Indeed, skill adalah istilah yang mencakup pengetahuan, kompetensi, dan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas operasional. Hal ini bisa berkembang lewat pengalaman hidup, pekerjaan, maupun pendidikan yang dialami oleh setiap individu.

Terdapat sejumlah skill yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan di masa depan. Satu profesi belum tentu membutuhkan skill yang sama dengan profesi lainnya. Hal ini tergantung pada jenis pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dilakukan.

Komunikasi, berorganisasi, akuntansi, desain, manajemen, integritas, manajemen waktu, sampai penjadwalan, dan kepercayaan diri, adalah beberapa contoh skill dasar (hard skill maupun soft skill) yang diperlukan oleh setiap manusia dalam pekerjaannya.

Sejalan dengan perkembangan zaman yang terjadi–mulai dari teknologi sampai keselarasan dengan alam–ada beberapa skill yang diperlukan dalam pekerjaan di masa depan. Menukil Vocasia.id, berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas 10 di antaranya.

1. Leadership

ilustrasi rapat umum pemegang saham
ilustrasi rapat umum pemegang saham (pexels.com/Christina Morillo )

Kepemimpinan adalah salah satu soft skill yang perlu terus dilatih untuk bisa beradaptasi dengan pekerjaan-pekerjaan di masa depan. Dengan karakter yang baik, kepemimpinan–terhadap diri maupun orang lain–akan membuat kita mampu menjadi acuan bagi sesama. Skill ini menuntut kita untuk memiliki wawasan luas, berpikiran terbuka, berani ambil risiko, membuat keputusan bijak, dan berfokus pada kepentingan bersama.

2. Teamwork

Ilustrasi kerja tim/Pixabay

Related Topics