NEWS

5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakuka Saat Wawancara Kerja

Sering terjadi, namun tak disadari.

5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakuka Saat Wawancara Kerjailustrasi interview kerja (unsplash.com/Tim Gouw)
22 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEWawancara kerja adalah sebuah momen krusial yang menentukan diterimanya Anda dalam sebuah Pekerjaan. Oleh karena itu, kesiapan fisik dan mental harus benar-benar Anda perhatikan kerika sudah masuk pada tahapan tersebut.

Demi persiapan yang matang, Anda perlu paham betul kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan calon pekerja dalam wawancara.

Mengutip artikel yang dikemukakan oleh Jobstreet, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa kesalahan yang rawan dilakukan dalam wawancara kerja.

1. Bicara secara bertele-tele

Sebaiknya, perkenalan diri saat wawancara tidak lebih dari dua menit.

Sampaikan dengan ringkas dan langsung pada sasaran (to the point). Jika perkenalan lebih dari dua menit, bisa saja pewawancara membatasi penjelasan Anda. Selain itu, Anda juga akan punya kesempatan lebih banyak sepanjang wawancara untuk bercerita tentang pengalaman dan keterampilan yang Anda miliki, karena biasanya pewawancara akan menanyakan hal tersebut.

2. Terlalu gugup

Sebelum wawancara, pastikan Anda dalam kondisi tenang.

Terlalu gugup saat wawancara bisa membuat orang menilai bahwa Anda sebetulnya tidak percaya diri dan kurang yakin pada kemampuan diri sendiri.

Maka, persiapka  diri Anda dengan matang. Berpakaianlah secara profesional dan datang lebih cepat agar Anda bisa menenangkan diri sebelum interview.

Ini juga bisa membuat Anda lebih percaya diri dan tidak kaget ketika baru sampai di lokasi wawancara.

Related Topics