NEWS

6 Tips Mencegah Overbudget Ketika Membangun Rumah

Butuh strategi agar rumah sesuai harapan dan kemampuan.

6 Tips Mencegah Overbudget Ketika Membangun RumahShutterstock_FarknotArchitect
22 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Berbelanja bahan bangunan Rumah tidak sama dengan aktivitas berbelanja kebutuhan sehari-hari. Diperlukan beberapa startegi dalam mengatur anggaran guna menghindari terjadinya Overbudget bisa membuat semua rencana membangun rumah pun jadi berantakan. Tidak jarang, kondisi ini bisa membuat pembangunan rumah tidak sesuai ekspektasi bahkan menyebabkan pembangunan terhenti.

Oleh sebab itu, dibutuhkan perencanaan matang, khususnya dalam mengatur anggaran saat Anda membangun rumah. Hal ini harus Anda pertimbangkan sejak awal sebelum proses belanja pembangunan dilakukan, agar rumah yang dibangun bisa dilakukan sesuai harapan dan biaya yang mampu Anda gelontorkan.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa tips yang bisa Anda lakukan, untuk bisa mencegah terjadinya overbudget saat membangun rumah impian Anda.

1. Menentukan semua tujuan penting

Menurut bukabangunan.com, sebelum belanja atau membuat desain rumah yang Anda bangun, menentukan tujuan diperlukan agar Anda bisa memperkirakan biaya yang perlu Anda keluarkan. Jika Anda menggunakan kontraktor, konsultasikan tujuan Anda dengan jelas dan terperinci kepada tim tersebut.

Adapun berbegai tujuan yang dimaksud, mulai dari tujuan Anda membangun rumah tersebut, apakah sebagai tempat tinggal, atau nantinya akan disewakan, dan lain sebagainya. Berikutnya, konsep rumah yang ingin Anda bangun, mungkin minimalis, industrialis, atau klasik kontemporer.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan realistis Anda dalam membangun rumah, termasuk bila Anda menggunakan dana pinjaman dari berbagai sumber.

2. Tentukan sumber biaya pembangunan

Saat Anda siap membangun sebuah rumah, pastikan sumber dana yang akan digunakan sudah siap. Ada banyak sumber, seperti tabungan Anda, pinjaman, atau sejumlah kolega yang berniat membantu pembangunan rumah Anda.

Hal ini penting untuk dipetakan, karena selain Anda bisa mengetahui kemampuan Anda dalam membangun rumah yang seperti apa, Anda juga bisa melakukan banyak penghematan untuk sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan.

Related Topics