NEWS

8 Cara untuk Kembali Semangat Kerja Usai Libur Lebaran 2024

Post vacation blues bisa terjadi usai masa liburan panjang.

8 Cara untuk Kembali Semangat Kerja Usai Libur Lebaran 2024Ilustrasi gaya hidup keluarga Islam. (ShutterStock/anythings)
15 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Masa Liburan seperti saat menyambut Lebaran 2024 adalah momentum yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga dan saudara, namun di sisi lain bisa menjadi penyebab Anda merasa enggan dan malas untuk kembali beKerja setelah liburan.

Laman klikdokter.com mewartakan rasa malas kembali bekerja setelah liburan panjang disebut post vacation blues. Sindrom psikologis ini biasanya ditandai dengan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, perasaan nostalgia akan momen liburan, bahkan depresi, dalam skala gejala yang lebih mendalam.

Semakin lama Anda libur, biasanya rasa ini akan semakin lama Anda rasakan. Meski begitu, hal ini harus diatasi, karena masa kerja tidak melihat kondisi kesiapan psikologis Anda untuk berkarya kembali. Berikut ini ulasan akan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya post vacation blues.

1. Mulai rutinitas perlahan

Post vacation blues justru sering dialami orang yang langsung bekerja setelah liburan, dan bisa memicu stres. Oleh sebab itu, setelah liburan sebaiknya alokasikan 1-2 hari untuk bisa berisitirahat di rumah sebelum akhirnya bekerja. Hal ini diusahakan sebagai jeda agar tubuh dan pikiran beradaptasi perlahan dengan rutinitas.

2. Santai lakukan hobi Anda

Seperti halnya istirahat di rumah, kegiatan ini juga bisa Anda lakukan untuk menyiapkan kondisi psikologis Anda sebelum dipacu lagi untuk bekerja. Cara mengingat semangat kerja setelah libur panjang adalah mencoba meluangkan waktu untuk bersantai sejenak. Contohnya, melakukan hobi atau sekadar berkumpul bersama keluarga pada akhir pekan.

Related Topics