NEWS

Apa itu G20? Pengertian, Sejarah, dan Negara Anggotanya

G20 mewakili 85 persen perekonomian dunia.

Apa itu G20? Pengertian, Sejarah, dan Negara AnggotanyaANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Ludovic Marin.

by BayuSurti

15 November 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sebagian orang belum mengerti betul apa itu G20. Artikel di bawah ini akan menjelaskan lebih detail mengenai pengertian, sejarah, serta jenis pertemuannya.

Untuk pertama kalinya, Indonesia didapuk menjadi tuan rumah atau memimpin presidensi G20 (Group of 20) yang dimulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. 

Dari seluruh anggotanya, Indonesia menjadi negara Asia kelima yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan G20, setelah Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Presidensi G20 sendiri ditetapkan secara konsensus pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) berdasarkan rotasi kawasan dan selalu berganti setiap tahun. 

Penentuan presidensi atau Troika dilaksanakan secara intensif setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga koodinasi dan kesinambungan kegiatan prioritas G20. 

Tahun ini, Indonesia menerima estafet keketuaan G20 dari Italia dan akan menyerahkan presidensi berikutnya pada India. Lantas, apa itu G20? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Apa itu G20?

Isu perubahan iklim jadi salah satu hal penting yang dibahas dalam KTT G20, Roma, Italia.Isu perubahan iklim jadi salah satu hal penting yang dibahas dalam KTT G20, Roma, Italia. (dok. Kemenkeu)

G20 atau disebut Group of Twenty ini adalah sebuah forum kerja sama global antar negara-negara dengan perekonomian yang terbesar di dunia.

Melansir laman Kementerian Keuangan (25/3), G20 memiliki peranan strategis dalam mengamankan pertumbuhan dan kemakmuran ekonomi global, saat ini hingga ke depan.

Secara kolektif, G20 mewakili setidaknya 85 persen perekonomian dunia, 80 persen investasi global, 75 persen perdagangan internasional, serta 60 persen populasi dunia.

Forum ini fokus pada masalah ekonomi global, tetapi juga membahas segala kaitannya dengan isu-isu di sektor lain, seperti politik, sosial, maupun budaya.

Sejarah G20

ilustrasi : Logo Presidensi G20 Indonesia 2022ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww