NEWS

Habiskan Rp640 Miliar, Indonesia Arena Tak Hanya Untuk Acara Olahraga

Indonesia Arena memiliki standar internasional.

Habiskan Rp640 Miliar, Indonesia Arena Tak Hanya Untuk Acara OlahragaPeresmian Indonesia Arena, di Senayan, Jakarta, Senin (7/8). (dok. Setpres)
08 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Arena, stadion olahraga dalam ruangan dengan total anggaran Rp640 miliar dan  berlokasi di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Jokowi mengatakan, stadion berkapasitas sekitar 16 ribu penonton ini bisa digunakan untuk menyelenggarakan berbagai event nasional maupun internasional. “Indonesia Arena ini bisa dipakai untuk turnamen basket, utamanya, tapi juga bisa untuk badminton, volleyball, futsal, dan juga tentunya untuk konser. Jadi, sekarang yang mau konser silakan segera daftar, karena saya yakin ini akan lebih banyak digunakan untuk konser,” ujarnya saat meresmikan Indonesia Arena, Senin (7/8).

Meski Indonesia Arena difungsikan untuk penyelenggaraan acara olahraga, namun ia juga tak menampik stadion ini bisa digunakan sebagai lokasi konser. “Setiap ada event itu pasti ada perputaran uang, ada perputaran ekonomi. Setiap ada konser pasti ada perputaran uang, ada perputaran ekonomi. Baik yang di atas, di tengah, maupun di bawah, semuanya,” katanya.

Standar internasional

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai meresmikan Indonesia Arena, di Senayan, Jakarta, Senin (7/8).
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai meresmikan Indonesia Arena, di Senayan, Jakarta, Senin (7/8). (dok. Setpres)

Indonesia Arena dibangun selama 18 bulan memiliki kualitas dan berstandar internasional. “Ini melengkapi stadion tertutup yang dimiliki Indonesia dan saya kira ini standarnya kita lihat betul-betul sebuah standar yang sangat bagus,” ujarnya.

Namun, hal tersebut juga masih harus diimbangi dengan evaluasi lanjutan, terutama terkait dengan pemeriksaan penggunaan anggaran atau audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP).

Yudha Saputera, atlet basket Indonesia, mengaku bangga dengan diresmikannya Indonesia Arena. Yudha menyebut arena tersebut memiliki standar internasional dan fasilitas yang lebih baik dibandingkan arena lainnya. “Yang pasti kalau pertama melihatnya sudah cukup amazed. Terus senang juga punya arena yang sebesar ini, semegah ini, dan untuk lapangannya juga kan standarnya internasional, ringnya standar internasional," ujarnya.

Laris dipesan

Presiden bersama beberapa menteri dalam konferensi pers, usai peresmian Indonesia Arena.
Presiden bersama beberapa menteri dalam konferensi pers, usai peresmian Indonesia Arena. (dok. Setpres)

Related Topics