Comscore Tracker
NEWS

Gaji di 5 BUMN Ini Bisa Capai Ratusan Juta Rupiah

Jenjang karier dan gaji jadi pertimbangan pencari kerja.

Gaji di 5 BUMN Ini Bisa Capai Ratusan Juta RupiahDok. Istimewa

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) acap kali menjadi kantor impian para pencari kerja di Indonesia, selain menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jenjang karier yang baik dan gaji yang tinggi menjadi alasan ribuan pencari kerja mendaftarkan diri. Oleh karena itu, menarik bagi kita untuk mengetahui BUMN dengan gaji tertinggi.

Rekrutmen bersama BUMN baru saja ditutup pada 14 April. Hanya beberapa hari dari pembukaan, beberapa kuota posisi yang tersedia langsung penuh dan tidak menerima lamaran lagi. Padahal, kuotanya bisa mencapai ribuan pendaftar.

Pada beberapa jabatan tertentu, gaji yang ditawarkan bahkan mencapai ratusan juta rupiah. Berikut rangkuman Fortune Indonesia atas 5 BUMN dengan gaji tinggi bagi pekerjanya.

1. PT Telkom Indonesia

Ilustrasi: PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Teknologi komunikasi menjadi sangat penting di era digital seperti saat ini. Hal ini juga berpengaruh pada upah yang ditawarkan bagi para pekerjanya. Makanya, tidak heran BUMN seperti PT Telkom Indonesia menjadi incaran para pencari kerja dan lulusan dari berbagai jurusan.

Melansir berbagai situs pencari kerja, gaji di level staf saja sudah mencapai 8-10 juta rupiah per bulan. Sementara itu, bagi karyawan yang masuk melalui program Management Trainee (MT), gaji yang ditawarkan adalah 7-8 juta rupiah per bulan.

Sedangkan, untuk posisi yang lebih tinggi seperti di level Manajer Senior, gajinya berkisar 39-42 juta rupiah per bulan. Posisi lain, Strategic Investment Manager juga tak kalah menarik, yakni 58-62 juta rupiah per bulan. Kemudian, pada level posisi Product Manager, Telkom memberikan gaji 88-94 juta rupiah per bulan.

2. PT Kereta Api Indonesia (KAI)

Sebagai salah satu sarana transportasi yang banyak dibutuhkan oleh masyrakat, KAI menjadi incaran para pencari kerja di Indonesia. Perusahaan ini pun menyampaikan pembukaan lowongan kerja, baik melalui rekrutmen bersama BUMN maupun rekrutmen yang diadakan sendiri.

Gaji untuk staf di PT KAI dimulai dari 3-5 juta rupiah per bulan. Angka ini belum termasuk banyak benefit yang ditawarkan, seperti tunjangan kinerja, tunjangan transportasi, tunjangan rumah, tunjangan anak istri, dan lain-lain.

Diketahui, PT KAI memberi gaji bagi para masinisnya di angka sekitar Rp13 juta per bulan. Pada level manajemen, gaji bulanannya dimulai dari Rp17,9 juta, untuk Manajer Senior mencapai Rp28,4 juta, dan General Manager di angka Rp28,5 juta. Gaji tertinggi di PT KAI adalah untuk Executive Vice President dengan gaji Rp42,5 juta.

3. PT Pertamina (Persero)

Ilustrasi : Gedung PT. Pertamina (Persero)

Siapa tak kenal Pertamina, apalagi perusahaan minyak negara ini dikenal memberikan gaji tinggi bagi para pegawainya. Jadi, tak heran bila para pencari kerja rela untuk mengantri panjang saat mendaftar kerja di Pertamina.

Bayangkan, untuk level staf, gajinya ada di kisaran 4-7 juta rupiah per bulan; level engineer berada di kisaran 19-21 juta per bulan; Procurement Manager berhak atas gaji sekitar Rp42,5 juta per bulan; dan General manager di angka Rp75 juta per bulan.

Selain itu, berbagai benefit tambahan pun akan didapatkan oleh para karyawan Pertamina. Tambahannya, mulai dari dana pensiun, kendaraan dinas, rumah dinas, tunjangan kesehatan, tunjangan makan, hingga bonus.

4. Bank Mandiri

Perbankan selalu jadi incaran para pencari kerja. Lowongan di bank pelat merah ini pun pasti jadi favorit. Bagaimana tidak, gaji yang diberikan untuk lulusan segar dari universitas yang diterima perusahaan bisa mencapai kisaran 5,3-6 juta per bulan. Naik pada level staf, gaji pun berada di Rp10 juta per bulan.

Sedangkan, untuk level manajer, gaji yang ditawarkan dapat mencapai 27-30 juta per bulan. Di level area branch manager, gajinya bisa mencapai 68-74 juta per bulan. Tertinggi, di level direksi, gaji yang diterima karyawan Bank Mandiri bisa mencapai Rp271 juta per bulan.

5. BRI

PT Bank Rakyat indonesia Tbk

Bersamaan dengan Bank Mandiri, bank BUMN lainnya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bank ini mulai menggaji karyawan di level staf dengan 4-6 juta rupiah per bulan. Pada posisi berikutnya, misalnya posisi Service Quality Assurance, gajinya mencapai Rp19,5 juta per bulan dan Branch Manager di angka Rp22,8 juta per bulan.

Pada posisi yang lebih tinggi, seperti Senior Manager, gajinya sekitar Rp32,5 juta per bulan. Sedangkan gaji tertinggi di BRI adalah posisi direksi yang mencapai kurang lebih Rp220 juta per bulan.

Inilah daftar 5 BUMN dengan gaji tinggi bagi pekerjanya. Semoga bermanfaat bagi yang sedang menimbang-nimbang perusahaan yang ingin dijadikan tempat kerja.

Related Articles