NEWS

Cak Imin Janjikan Rp5 Miliar Dana Desa Untuk Tekan Urbanisasi

Hal ini untuk mengatasi tingginya urbanisasi.

Cak Imin Janjikan Rp5 Miliar Dana Desa Untuk Tekan UrbanisasiCak Imin dalam debat Cawapres, Minggu (21/1). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
22 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bersama pasangannya, calon presiden (capres) Anies Baswedan, menjanjikan akan mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp5 miliar untuk setiap desa di Indonesia, bila terpilih.

Cak Imin mengatakan dana desa miliaran ini merupakan bagian dari upaya menekan  masyarakat yang pergi meninggalkan desa untuk bekerja di kota. “Desa terjaga menjadi komunitas yang membanggakan, sehingga masyarakat tak lagi tertarik urbanisasi tapi kembali ke desa, membangun desa untuk pembangunan bangsa,” katanya dalam debat Cawapres, menjelang Pemilu 2024, Minggu (22/1).

Adapun alokasi dana desa miliaran ini, menurut Cak Imin, ditujukan untuk pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi desa lewat badan usaha milik desa (BUMDes). Dengan demikian, berbagai kegiatan wirausaha akan tumbuh, baik pertanian, peternakan, dan ekonomi kreatif akan berkembang dan membuat warga desa enggan keluar dari desanya.

“Dengan pembangunan dari bawah, kita yakin akan tumbuh kehidupan kemasyarakatan, ekonomi, sosial, budaya yang akan terus terjaga dan lestari,” kata Cak Imin.

Sudah cukup baik

Cak Imin mengakui saat ini penyaluran dana desa sudah cukup baik, dan berhasil meningkatkan kualitas masyarakat di banyak desa. Dana desa pun terus meningkat setiap tahunnya.

“Hari ini sudah ada 13.000 desa tertinggal yang menjadi desa maju dan mandiri mandiri. Sekarang tinggal empat ribu saja. Ini bukti bahwa infrastruktur dan dana desa berjalan dengan baik, sehingga masyarakat semakin betah tinggal di desa,” ujarnya.

Sebagai informasi, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Sorni Paskah Daeli, mengatakan bahwa pada tahun 2024, total anggaran dana desa mencapai Rp71 triliun untuk 75.265 desa. Dengan begitu, setiap desa diperkirakan akan menerima sekitar Rp943,33 juta.

“Yang penting, desa harus diberi insentif supaya lebih maju … untuk mempercapat pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia (SDM)” kata Cak Imin.

Tanggapan lainnya

Dalam kesempatan yang sama, cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan perlunya menumbuhkan sense of belonging ke masyarakat desa. Salah satu contoh yang baik adalah dengan membagikan saham destinasi wisata di satu desa kepada masyarakat desa tersebut.

Sementara, cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD, menambahkan bahwa ia dan Ganjar Pranowo, memiliki sejumlah rencana bagi pembangunan desa, bila sampai terpilih memimpin Indonesia.

Mereka memiliki program 1000 embung, Desa Mandiri energi dan pangan, serta pembangunan irigasi. “Masalahnya … sekarang negara terlalu intervensi ke desa-desa dalam persoalan adminsitratif,” katanya.

Related Topics