NEWS

Tips Penting Jamin Kendaraan Aman dan Nyaman Selama Liburan

Menjamin liburan Anda berjalan dengan lancar sesuai rencana.

Tips Penting Jamin Kendaraan Aman dan Nyaman Selama LiburanKemacetan di jalur utama Puncak, Kabupaten Bogor, pada saat Libur Hari Raya Nyepi, Kamis (3/3). (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)
05 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Akhir tahun menjadi periode yang banyak ditunggu masyarakat untuk menikmati Liburan dan menyambut suasana Tahun Baru 2024. Hal yang tidak boleh dilewatkan ketika liburan, salah satunya adalah menyiapkan Kendaraan–mobil atau motor–yang akan digunakan untuk liburan.

Meski terlihat sederhana, namun pemeriksaan terhadap kendaraan sangat penting, demi kelancaran liburan bersama sahabat, keluarga, maupun orang-orang terdekat lainnya. Kondisi prima tidak hanya diperlukan bagi tubuh Anda, tetapi juga kendaraan yang akan digunakan. Selain menghambat, masalah teknis pada kendaraan juga bisa berbahaya selama perjalanan.

Untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama perjalanan, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh, apalagi jika akan digunakan untuk perjalanan jauh.

Mengutip dari Hyundai Motors Indonesia, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa hal penting dari kendaraan Anda, yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan.

Kondisi dan kelayakan mesin

Pastikan mesin berfungsi dengan baik dengan cek kondisi mesin secara menyeluruh. Komponen yang perlu dicek salah satunya adalah oli dengan melihat tingkat keenceran, besaran volume oli dengan bantuan dipstick oil. Periksa level oli ada pada sekitar pertengahan titik maksimum dan minimum.

Kondisi kelistrikan kendaraan

Bagian kelistrikan menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Pasalnya, kondisi kelistrikan dapat memengaruhi kinerja komponen dan fitur kendaraan lain, mulai dari lampu, sistem entertainment, hingga sistem starter. Kinerja kelistrikan yang prima membuat aki mobil perlu dicek, termasuk volume dari air aki.

Related Topics