NEWS

3 Pesan Jokowi untuk Retno Marsudi Terkait Kunjungan Menlu Vietnam

Terkait perdagangan, investasi, dan batas ZEE.

3 Pesan Jokowi untuk Retno Marsudi Terkait Kunjungan Menlu VietnamPresiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menlu Vietnam, Bui Thanh Son, dan delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/7). (dok. Setpres)
21 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Vietnam, Bui Thanh Son, beserta delegasinya. Jokowi memberikan tiga arahan kepada Menlu Retno Marsudi, sebagai bekal pertemuan komisi dengan Menlu Vietnam.

Menlu Retno mengatakan, hal pertama yang dipesankan Presiden kepadanya terkait dengan sektor perdagangan. Hal ini ditekankan, di tengah tren perdagangan antara Indonesia dan Vietnam terus mengalami peningkatan.

“Target pemenuhan perdagangan US$10 miliar telah terlampaui, oleh karena itu Bapak Presiden mengatakan penting bagi kedua negara untuk menetapkan target baru untuk beberapa tahun ke depan. Ini nanti akan kita bahas pada saat pertemuan kedua menteri luar negeri,” kata Retno dalam keterangan yang dikutip dari laman resmi Setkab, Kamis (21/7).

Perlakuan adil bagi investor Indonesia

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. (Tangkapan layar)

Pesan kedua, kata Retno, adalah bidang investasi. Menurutnya, investasi Indonesia di Vietnam sudah cukup besar dengan nilai mencapai lebih dari US$600 juta.

Dengan demikian, Jokowi minta Menlu Retno untuk menyampaikan pesan dan memastikan pada investor Indonesia di Vietnam mendapatkan perlakuan yang adil. “Tentunya dengan menciptakan kondisi yang kondusif bagi investor. Tentunya investasi kedua belah pihak akan terus meningkat,” ujarnya.

Perundingan batas ZEE

Bendera Vietnam.
Bendera Vietnam. (Freepik)

Related Topics