NEWS

Ini 5 Negara Dengan Proyek Infrastruktur Terbanyak di Dunia

Cina bukan negara yang punya proyek infrastruktur terbanyak.

Ini 5 Negara Dengan Proyek Infrastruktur Terbanyak di DuniaShutterstock/ JooFotia
07 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pengembangan proyek infrastruktur global menjadi salah satu fokus pembahasan dalam Forum G20 di Bali, pada November 2022. Indonesia sebagai tuan rumah pun terus mendorong terwujudnya berbagai proyek infrastruktur global yang akan menopang perekonomian, khususnya bagi negara berkembang.

Sejak beberapa tahun terakhir, Indonesia fokus pada pembangunan infrastruktur. Pemerintah mengucurkan anggaran hingga Rp292,02 triliun untuk pembangunan proyek infrastruktur di tahun 2023 beserta berbagai kebijakan untuk mendukung pembangunan infrastruktur. 

Kebijakan tersebut mencakup akselerasi infrastruktur dasar untuk pemenuhan dasar serta transformasi ekonomi, antara lain energi, pangan dan transportasi dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) bertahap dan berkelanjutan.

Meski terilang agresif, mamun Indonesia bukanlah negara yang memiliki proyek infrastruktur terbanyak di dunia. Berikut ini adalah 5 negara yang memiliki proyek infrastruktur terbanyak di dunia, menurut data Design Build Network per Oktober 2022.

1. India

Presiden Jokowi menyerahkan simbol Presidensi G20 ke Perdana Menteri India, Narendra Modi.
Presiden Jokowi menyerahkan simbol Presidensi G20 ke Perdana Menteri India, Narendra Modi. (Tangkapan layar)

Negara dengan proyek infrastruktur terbanyak di dunia saat ini adalah India. Negara berpenduduk terbanyak kedua di dunia ini memiliki 2.168 proyek infrastruktur di berbagai tahap pembangunan hingga Oktober 2022.

Analis Morgan Stanley yang dipimpin oleh Ridham Desai dan Girish Acchipalia, menyatakan bahwa India bisa jadi ekonomi terbesar nomor tiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan Cina, sebelum akhir dekade ini.

Salah satu proyek terbesar yang sedang berjalan di India adalah High-Speed Railway Line dengan rute Delhi-Chennai senilai US$32,3 miliar. Selain itu, ada juga High-Speed Rail Corridor yang menghubungkan Mumbai-Nagpur dengan total nilai US$21,3 miliar.

2. Amerika Serikat

bendera Amerika Serikat
ilustrasi bendera Amerika Serikat (pexels.com/Markus Winkler)

Related Topics