NEWS

Lima Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Cek Daftarnya

Indonesia masuk 10 besar penghasil emas terbesar dunia.

Lima Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Cek DaftarnyaIlustrasi emas. Shutterstock/Pixfiction
29 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Indonesia dikenal dengan sumber daya alam logam yang melimpah, salah satunya emas. Data Ditjen Minerba Kementerian ESDM menunjukkan pada 2021 Indonesia menghasilkan sekitar 117,5 ton emas dan menempatkan Indonesia sebagai negara penghasil emas terbesar ke-9 di dunia.

Emas pun menjadi salah satu komoditas berharga, hingga pernah menjadi objek perkara. Salah satunya kasus yang ramai mengenai PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dengan pengusaha asal Surabaya, Budi Said perihal jual beli logam mulia emas.

Dalam kasus tersebut, Budi merasa tertipu oleh seorang marketing butik Antam Surabaya bernama Eksi Anggraeni. Budi membeli karena ada program diskon yang disampaikan oleh Eksi. Dari 7.071 kilogram yang disepakati seharga Rp3,5 triliun, Budi mengaku hanya menerima sebanyak 5.935 kilogram, sehingga selisih sebanyak 1.136 kg emas tak pernah diterima Budi.

Mahkamah Agung memutuskan menghukum Antam sebagai tergugat satu untuk membayar kerugian materiil kepada Budi Said sebesar Rp817,4 miliar atau setara 1.136 kg emas. Namun, Antam menolak membayarkan kerugian tersebut karena tidak pernah menerapkan harga diskon dan hanya bertransaksi dengan harga yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan.

Hingga kini, emas masih jadi satu aset investasi jangka panjang yang begitu berharga di Indonesia. Lalu daerah mana saja yang dikenal sebagai penghasil emas terbesar di Indonesia? Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa Pulau Indonesia yang memiliki kandungan emas terbesar.

1. Pulau Papua

Suasana pertambangan di Freeport Indonesia.
Suasana pertambangan di Freeport Indonesia. (dok. PTFI)

Pulau Papua adalah penghasil emas terbesar di Indonesia. Seperti diketahui, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, adalah salah satu daerah tambang emas terbesar di Indonesia yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia yang kini sudah sepenuhnya dimiliki oleh Indonesia.

Kota tambang Tembagapura yang berada di Kebupaten Mimika menghasilkan sekitar 240 kg emas murni setiap harinya dari tambang utamanya yang disebut Grasberg. Adapun, cadangan emas di Pulau Papua diperkirakan mencapai 1.876 juta ton bijih.

2. Pulau Sulawesi

Salah satu tambang milik  PT Archi Indonesia Tbk.
Salah satu tambang milik PT Archi Indonesia Tbk di Pulau Sulawesi. (dok. PT Archi Indonesia)

Related Topics