Comscore Tracker
NEWS

Jelang Balapan Pertama, Sirkuit Mandalika Terus Sempurnakan Diri

Event Idemitsu dan WSBK akan diadakan dalam waktu dekat.

Jelang Balapan Pertama, Sirkuit Mandalika Terus Sempurnakan DiriKeindahan panorama di Sirkuit Mandalika, Lombok. (ShutterStock/Hariadi Mahsyar)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Sirkuit Mandalika terus menyempurnakan pembangunannya. Menyambut pergelaran seri terakhir World Superbike (WSBK) yang rencananya berlangsung pada 20-21 November 2021, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bekerja sama dengan PT Telkom dalam menghadirkan layanan teknologi informasi dan komunikasi kelas dunia di sirkuit pulau Lombok tersebut.

“Yang sudah kami persiapkan adalah untuk kegiatan WSBK yang rencananya pertengahan November. Apa saja yang disiapkan, infrastrukturnya dari kantor Telkom sampai menuju ke Sirkuit Mandalika,” ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara, dikutip Antara (7/10).

Edi mengungkapkan bahwa Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika sudah dilengkapi teknologi informasi dan komunikasi berbasis 4G. Hal ini akan mendukung kelancaran dan kenyamanan komunikasi dengan telepon selular. Teknologi generasi keempat ini didukung dengan kapasitas sebesar 400 Gigabyte, untuk melayani konsumen dalam jumlah yang relatif banyak.

“Kami sudah optimasi penggunaan alat telekomunikasi saat event berlangsung. Begitu juga jumlah penonton, akan menggunakan apa saja, itu kita cek, itu ukuran-ukurannya ada,” ucap Edi.

Telkom, kata Edi, memiliki infrastruktur digital yang cukup lengkap, mulai dari kabel fiber optic, baik jalur darat maupun laut, hingga satelit terbesar di Indonesia. Telkomsel sebagai anak perusahaan juga dapat mendukung kelancaran telekomunikasi yang berpindah-pindah. Penerapan teknologi ini akan menghadirkan kualitas layanan Telkom yang baik di Pulau Lombok.

Teknologi akan dukung event balap lain, termasuk MotoGP

Sementara itu, Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA, Happy Harinto, menyampaikan bahwa event balap internasional yang akan diadakan di Mandalika akan sarat dengan penggunaan teknologi. 

Selain WSBK, terdapat beberapa event lain yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika dalam waktu dekat. Sebelum event penentuan WSBK, Sirkuit Mandalika akan menggelar Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 12-14 November. Selain itu, Dorna Sport secara resmi mengumumkan Sirkuit Mandalika masuk dalam kalender sementara MotoGP 2022. Rencananya, event di Indonesia dijadwalkan berlangsung bada 18-20 Maret 2022.

Happy mengatakan, Dorna Sport selaku penyelenggara MotoGP akan membawa teknologi dengan sejumlah platform yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Mereka butuh terkoneksi pada satelit yang butuh bandwith besar dan stabil. Dalam ruangan panitia event pun membutuhkan internet yang sangat stabil untuk mengatur dan mensupervisi balapan tersebut.

Pertamina dapat hak penyertaan nama di Sirkuit Mandalika

Pada (7/10) juga berlangsung penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship Mandalika International Street Circuit Naming Right untuk penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2022 oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Pertamina (Persero).

Melalui kerja sama ini, seperti dikutip dari motorsport.com, Pertamina memperoleh hak penyertaan nama korporasi pada The Mandalika street circuit dengan jangka waktu sejak tanggal perjanjian hingga (31/12/2022). Kini nama sirkuit tersebut secara resmi menjadi Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Mansury, mengatakan pihaknya ingin membangun sesuatu yang dapat digunakan untuk event internasional lain secara serius. “Kita berharap hal ini dapat membantu membangkitkan pariwisata di Indonesia dan juga kita akan pastikan bahwa BUMN bukan hanya project-based, tetapi merupakan sesuatu yang memang sustainable ke depannya,” katanya.

Sirkuit Mandalika akan bantu pemulihan pariwisata Indonesia

Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang relatif semakin membaik, ekonom INDEF, Eko Listiyanto, menilai ajang MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 2022 akan mendukung pemulihan sektor pariwisata Indonesia. “Kalau kita bicara konteks pariwisata Indonesia, sebetulnya (event MotoGP) merupakan salah satu pintu pembuka untuk pemulihan sektor pariwisata nasional yang sangat signifikan,” katanya pada Antara (7/10).

Eko meyakini bahwa pada saat event balap motor dunia tersebut digelar tahun depan, vaksinasi di Indonesia sudah jauh lebih baik. Selain itu, Eko juga menilai, Indonesia memiliki penggemar balap MotoGP yang sangat banyak. Hal ini merupakan faktor penting dalam kesuksesan penyelenggaraan acara motor kelas dunia itu di Lombok, Indonesia.

Diketahui, Sirkuit Mandalika akan mendapat kehormatan sebagai arena tes pra-musim MotoGP pada 11-13 Februari 2022. Lintasan sepanjang 4,3 km ini akan siap dilintasi para pebalap internasional, satu pekan setelah tes pra-musim pertama di Sepang, Malaysia.

Related Articles