NEWS

Jokowi: IKN Nusantara Jadi Pintu Gerbang Pembangunan Kalimantan

IKN Nusantara adalah bagian pemerataan pembangunan.

Jokowi: IKN Nusantara Jadi Pintu Gerbang Pembangunan KalimantanPresiden Jokowi saat menghadiri acara Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar, Jumat (17/3). (dok. Setpres)
17 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mampu menjadi gerbang percepatan pembangunan di Pulau Kalimantan.

Jokowi berharap Melayu-Banjar bisa jadi tuan rumah di tanahnya sendiri dan berperan aktif dari sejarah berdirinya IKN. Dengan demikian, akan tercipta pembangunan yang Indonesia sentris dan mendorong pemerataan ekonomi.

“Ini untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya seperti dikutip dari laman Setkab, Jumat (17/3).

Menurutnya, gagasan pemindahan ibu kota ke Kalimantan yang sudah dimulai sejak tahun 60-an harus dapat segera terealisasi. Hal ini tak semata pemindahan ibu kota, tetapi juga mengubah pola pikir dan peningkatan kinerja masyarakat Indonesia, untuk bisa bersaing di pasar global.

Persaingan SDM

Presiden Jokowi di Kalimantan Selatan.
Presiden Jokowi di Kalimantan Selatan. (Tangkapan layar)

Jokowi mengatakan, saat ini persaingan sumber daya manusia (SDM) antarnegara tidaklah mudah. Diperlukam pola pikir dan cara kerja yang lebih baik dan lebih bermanfaat di masa mendatang. Oleh karenanya, pembangunanan IKN diharapkan mampu menumbuhkan cara kerja dan pola pikir baru dalam melayani masyarakat serta bersaing dengan SDM negara lain, khususnya para generasi mudam

“Sehingga yang muda-muda ini harus mau berubah, mau bekerja keras karena saudara-saudara semuanya nanti akan bersaing dengan SDM-SDM dari negara lain,” kata Jokowi. “Kalau kita tidak memunculkan cara-cara baru dalam bekerja, tidak memunculkan sebuah pola pikir baru dalam kita berkompetisi, ya kita akan kalah dan terus hanya menjadi negara berkembang.”

Pemerataan

Prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara, Senin (14/3).
Prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara, Senin (14/3). (tangkapan layar YouTube Setpres)

Related Topics