NEWS

Jokowi: Putin Jamin Kemananan Ekspor Pangan dari Rusia dan Ukraina

Jokowi sebut masalah pangan adalah isu kemanusiaan.

Jokowi: Putin Jamin Kemananan Ekspor Pangan dari Rusia dan UkrainaPresiden Jokowi dan Presiden Putin. (Dok. Setpres)
01 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kepada Presiden Vladimir Putin, bahwa krisis pangan dan pupuk adalah masalah kemanusiaan yang terkait dengan kepentingan masyarakat dunia.

“Ratusan juta orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk, terutama di negara-negara berkembang,” katanya dalam keterangan pers bersama yang terpantau lewat YouTube Setpres, usai pertemuan keduanya, pada Kamis (30/6).

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai. “Dan rantai pasok pangan, pupuk, energi, dapat segera diperbaiki, karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang, bahkan miliaran manusia,” tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengajak seluruh pemimpin negara di dunia untuk kembali bekerja sama menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai, dan semangat kerja sama. “Hanya dengan spirit itulah, perdamaian dapat dicapai,” ungkapnya dalam keterangan pers.

Rusia jamin keamanan pasokan pangan

Keterangan pers bersama antara Presiden Jokowi dan Presiden Putin, usai bertemu, pada Kamis (30/6).
Keterangan pers bersama antara Presiden Jokowi dan Presiden Putin, usai bertemu, pada Kamis (30/6). (dok. Setpres)

Menurut Jokowi, Presiden Putin akan memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk, baik dari Rusia maupun Ukraina. Dirinya pun mengapresiasi kebijakan Rusia yang menjadi titik cerah bagi rantai pasok pangan global tersebut. “Ini sebuah berita yang baik,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa PBB akan mengupayakan reintegrasi komoditas pangan dan pupuk Rusia, serta komoditas pangan Ukraina, untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia. “Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, Presiden Putin sudah memberi jaminannya,” katanya.

Kerja sama Rusia-Indonesia diperkuat

Presiden Joko Widodo bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6).
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6). (Dok. Setkab)

Related Topics