NEWS

Jokowi Khawatir Aturan Deforestasi Uni Eropa Ganggu Perdagangan

Deforestation Free Commodities dinilai rugikan perdagangan.

Jokowi Khawatir Aturan Deforestasi Uni Eropa Ganggu PerdaganganPresiden Jokowi pada KTT ASEAN-Uni Eropa. (dok. Setpres)
15 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) khawatir proposal Regulasi Deforestasi  melalui Deforestation Free Commodities Uni Eropa  akan menghambat perdagangan. Padahal, kemitraan ASEAN-Uni Eropa seharusnya berkontribusi pada pemulihan ekonomi yang inklusif.

Menurut Jokowi, dalam situasi global yang dipenuhi krisis dan ancaman resesi, kebijakan perdagangan dan investasi semestinya bisa lebih dipermudah. “Indonesia ingin menekankan bahwa pembangunan yang inklusif dan bernilai tambah akan mendukung ketahanan ekonomi dunia secara berkeadilan. Dalam kaitan inilah Indonesia akan terus membangun industri hilirisasi,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Setkab, Rabu (15/12).

Jokowi menyampaikan, dengan hilirisasi, Indonesia bisa melakukan lompatan kesejahteraan dan mendorong pembangunan yang lebih inklusif, terutama berkenaan dengan kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Uni Eropa.

Pembangunan hijau dan berkelanjutan

Presiden Jokowi disambut resmi oleh Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen  di KTT ASEAN-UE. (14/12).
Presiden Jokowi disambut resmi oleh Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen di KTT ASEAN-UE. (14/12). (dok Setpres)

Selain pembangunan ekonomi yang inklusif, hal penting kedua yang disampaikan Jokowi di KTT ASEAN-Uni Eropa adalah pembangunan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Meski saat ini dunia sedang dilanda krisis energi, namun transisi energi harus tetap dijalankan secara berkeadilan.

“Saya menghargai dukungan Uni Eropa terhadap Bali Energy Transition Roadmap yang dihasilkan KTT G20 bulan lalu. Kemitraan ASEAN-UE harus memobilisasi pembiayaan dan alih teknologi ramah lingkungan dan memperkuat ekosistem pengembangan energi baru terbarukan,” kata Presiden.

Kebijakan diskriminatif

Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers terkait pidato Presiden Jokowi di KTT ASEAN-UE.
Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers terkait pidato Presiden Jokowi di KTT ASEAN-UE. (Tangkapan layar)

Related Topics