NEWS

Kemendag Dorong Pembahasan 6 Isu Prioritas Ekonomi Global di TIIWG G20

Ministerial Statement G20 mencari solusi tantangan global

Kemendag Dorong Pembahasan 6 Isu Prioritas Ekonomi Global di TIIWG G20ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww
20 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong pertemuan ketiga Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 fokus  membahas pada enam isu prioritas ekonomi global. Pencapaian Ministerial Statement G20 berperan mencari solusi untuk mengatasi tantangan ekonomi global.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono, mengatakan, enam isu prioritas tersebut adalah reformasi World Trade Organization (WTO) dan peran sistem  perdagangan multilateral untuk memperkuat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Selain itu, respons perdagangan, investasi, dan industri terhadap pandemi dan arsitektur kesehatan global; perdagangan digital dan rantai nilai global yang berkelanjutan; investasi berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi global; serta industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan melalui industri 4.0.

Keenam isu prioritas ini terangkum dalam agenda utama pertemuan, yaitu sesi penyusunan Ministerial Statement G20 tentang perdagangan, investasi, dan industri. “Kami berharap seluruh delegasi G20 dapat berkontribusi aktif dalam  membahas  enam  isu  prioritas  untuk  mempercepat  pemulihan  ekonomi  dan  mengatasi tantangan ekonomi global,” ujarnya seperti dikutip dari laman Kemendag, Selasa (20/9).

Mempertimbangkan masukan anggota

Ilustrasi resesi ekonomi global.
Ilustrasi resesi ekonomi global. (Pixabay/Elchinator)

Presidensi G20 TIIWG akan mempertimbangkan semua  pandangan dan masukan dari seluruh negara G20 secara berimbang dan fokus pada kesamaan pandangan dalam seluruh agenda prioritas.

Pihaknya akan memfokuskan diskusi pada isu-isu substansial yang terkait enam isu prioritas dan menjaga isu-isu lain yang dapat menyebabkan kontroversi di akhir diskusi. 

"Kami juga menekankan penting bagi para delegasi untuk mengemukakan alasan terkait rekomendasi perubahan substantif yang nanti akan disampaikan,” ujar Djatmiko.

Apresiasi TIIWG

description
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. Shutterstock/Romolo Tavani

Related Topics