NEWS

Kemenparekraf Taksir Dampak Konser Ed Sheeran di Jakarta Rp100 Miliar

Ed Sheeran adakan konser di JIS pada Sabtu (2/3).

Kemenparekraf Taksir Dampak Konser Ed Sheeran di Jakarta Rp100 MiliarKonser Ed Sheeran di JIS dengan panggung 360 derajat. (Fortuneidn/Bayu Satito)
05 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memperkirakan Konser Ed Sheeran yang diselenggarakan pada Sabtu (2/3), menghasilkan dampak perputaran uang mencapai Rp100 miliar.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya, mengatakan dengan potensi ini, Indonesia dinilai siap menjadi tuan rumah berbagai konser internasional, dari segi sumber daya manusia, tempat acara, sampai keamanan. "Ed Sheeran diperkirakan ditonton 50 ribu orang. Tentu bisa meningkatkan wisatawan nusantara,” katanya dalam weekly brief Kemenparekraf, Senin (4/3).

Menurutnya, tidak hanya mendatangkan profit, event ini juga mempau mengubah pandangan dunia internasional terhadap Indonesia. “Kita bisa lihat ini berdampak terhadap citra atau imej, ternyata destinasi bisa mengadakan event internasional,” ujar Nia.

Sebagai informasi, situs workandmoney.com, di konser Divide Tour, Ed Sheeran berhasil meraup US$776,2 juta atau Rp12,25 triliun (kurs Rp15.776,53 per dolar AS) dari 8,9 juta tiket, di enam benua. Untuk seatu kali manggung, pelantun lagu ‘Photograph’ tersebut dibayar sekitar 63.000 Poundsterling atau sekitar Rp1,26 miliar.

Pertunjukkan ikonik

Konser Ed Sheeran.
Konser Ed Sheeran. (edsheeraninjakarta.com)

Konser Ed Sheeran di Jakarta merupakan bagian dari rangkaian konser '+–=÷× Tour’ (Mathematics Tour), dan diadakan di Jakarta International Stadium (JIS) yang berkapasitas 82.000 penonton.

Ed Sheeran menghibur para penonton dengan pertunjukkan musiknya selama hampir 2 jam dengan harga tiket yang dibanderol sekitar Rp900.000-Rp5.000.000.

Untuk diketahui, konser Ed Sheeran sebelumnya akan diadakan di Stadion Utama Bung Karno (SUBK), namun dipindah ke JIS, karena ada persiapan pertandingan timnas Indonesia melawan timnas Vietnam. Namun, konser ini menghadirkan panggung yang ikonik 360 derajat.

Co-Founder dan COO PK Entertainment (penyelenggara), Harry Sudarma, menjelaskan terdapat dampak ekonomi secara langsung dan tidak langsung pada penyelenggaraan konser Ed Sheeran.

“Personel artisnya saja ada lebih dari 80 orang sehingga ada efek langsung ke hotel, katering, visa, jadi ini mungkin sudah menjadi dampak langsung,” katanya, Senin (26/2).

Sementara, untuk dampak tidak langsung, Harry mengatakan bahwa konser ini akan menjadi pemicu bagi musisi internasional lain untuk mengadakan pertunjukkan akbar di Indonesia. “Harapannya pasti bisa memancing wisatawan yang mungkin tidak hanya lokal tapi juga asing,” katanya.

Related Topics