NEWS

Mengenal Apa Itu Generasi Sandwich yang Sering Dialami Milenial

Tanggung jawab generasi sandwich pada 3 generasi sekaligus.

Mengenal Apa Itu Generasi Sandwich yang Sering Dialami MilenialIlustrasi sandwich. (Pixabay/Aheriberto10)
24 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Istilah ‘generasi sandwich’ ramai dibicarakan beberapa waktu terakhir. Istilah ini kerap melekat pada kaum milenial dan gen z yang digambarkan dengan ‘tekanan’ tanggung jawab dari sejumlah peran yang dijalani dalam hidup. Namun, apa sebenarnya makna dari istilah generasi sandwich?

Melansir pewresearch, istilah generasi sandwich merujuk pada mereka yang memiliki tanggung jawab terhadap orang tua berusia 65 tahun ke atas bersamaan dengan tanggung jawab membesarkan anak yang masih berusia di bawah 18 tahun.

Dengan demikian, generasi sandwich adalah mereka yang berusia produktif (mayoritas paruh baya antara 40-59 tahun) dan menjalani peran ganda mengurus orang tua–maupun mertua–serta anak mereka. Saat ini tidak dipungkiri, banyak juga kaum milenial (sekitar 25-39 tahun) yang masuk kategori generasi sandwich.

Meski tak ada rentang umur pasti yang menjadi batasan, namun T Broady di tahun 2019 menjelaskan, generasi sandwich diartikan sebagai individu yang membagi sumber daya mereka untuk anak dan orang tuanya yang telah memasuki usia lanjut.

Sejarah awal istilah generasi sandwich

Ilustrasi pengasuhan anak atau parenting. Shutterstock/fizkes
Ilustrasi pengasuhan anak atau parenting. Shutterstock/fizkes

Mengutip artikel di laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), istilah generasi sandwich diperkenalkan pertama kali pada tahun 1981 oleh seorang Profesor sekaligus direktur praktikum University Kentucky, Lexington, Amerika Serikat, Dorothy A. Miller. Ia mendefinisikan Generasi sandwich adalah generasi orang dewasa yang harus menanggung hidup 3 generasi yaitu orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya.

Jadi, penekanan generasi sandwich pun semakin jelas pada tanggung jawab yang dimiliki, bukan sekadar rentang umur. Posisi yang berada pada dua generasi, di atas dan di bawah usianya itulah yang menyebabkan golongan ini dikatakan menyerupai sandwich atau roti lapis. Sedangkan, isi utama sandwich berupa daging, mayonnaise, dan saus yang terhimpit oleh roti diibaratkan bagai diri sendiri.

Kategorisasi generasi sandwich

Ilustrasi para penerima jaminan hari tua.
Ilustrasi para penerima jaminan hari tua. (ShutterStock/PhotoIris2021)

Related Topics