NEWS

Mengenal Makna Barongsai dan Kehadirannya Saat Imlek

Barongsai punya makna yang baik dan cukup dalam.

Mengenal Makna Barongsai dan Kehadirannya Saat ImlekTarian Barongsai. (Fortuneidn/Bayu)
24 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Tahun Baru Imlek merupakan tradisi yang dirayakan seluruh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia sebagai ungkapan syukur. Salah satu ciri khas perayaan ini adalah hadirnya tarian singa yang dikenal sebagai Barongsai.

Mengutip grid.id, Barongsai adalah tarian tradisional Cina yang ditampilkan oleh sejumlah orang dengan menggunakan kostum menyerupai singa.

Kesenian Barongsai mulai populer pada zaman dinasti Nan Bei pada 420-589 Masehi. Kala itu, pasukan Raja Song Wen kewalahan mengahadapi serangan pasukan gajah Fan Yang dari negeri Lin Yi. Seorang panglima perang bernama Zhong Que membuat tiruan boneka singa untuk menghadapi pasukan Raja Fan dan ternyata sukses. Sejak itu, barongsai pun melegenda.

Kisah ini seringkali menjadi analogi sebuah upaya untuk menghindarkan kejahatan yang selalu mengancam manusia. Berikut beberapa makna yang terkandung dalam kesenian Barongsai, hingga menjadikannya begitu populer dan identik dengan perayaan saat Imlek.

Istilah Barongsai

Tarian Barongsai
Tarian Barongsai. (Fortuneidn/Bayu)

Berdasarkan amartha.com, nama asli kesenian yang kita kenal sebagai Barongsai ini adalah ‘Wu Shi’ atau Lion Dance dalam bahasa Inggris. Menariknya, istilah Barongsai justru muncul di Indonesia yang dianggap sebagai cerminan akulturasi budaya Cina dengan budaya Indonesia.

Istilah ‘Barong’ merujuk pada kesenian di Indonesia, atau tepatnya kesenian boneka Bali yang para penarinya berada dalam kostum. Sedangkan, istilah ‘Sai’ berasal dari bahasa Hokkian yang artinya adalah singa.

Barongsai atau Wu Shi menampilkan bagaimana aksi singa yang dengan lincahnya memperagakan berbagai gerakan yang ekstrem. Umumnya, tarian ini dimainkan oleh dua orang penari yang berada di dalam kostum mirip singa.

Makna

Barongsai sedang beraksi.
Barongsai sedang beraksi. (Fortuneidn/Bayu)

Related Topics