NEWS

Menko Airlangga: Pandemi Luar Jawa-Bali Stabil dan Konsisten Membaik

PPKM di luar Jawa-Bali diperpanjang hingga 25 April 2022.

Menko Airlangga: Pandemi Luar Jawa-Bali Stabil dan Konsisten MembaikMenko Ekon, Airlangga Hartarto. (dok. Setpres)
12 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon), Airlangga Hartarto mengatakan, pandemi di luar jawa-Bali hingga minggu kedua bulan April 2022 dalam kondisi yang stabil dan konsisten membaik. Angka Reproduksi Efektif (Rt) berada di level 1,00.

“Secara umum di luar Jawa-Bali, kasus Aktif di sebagian besar Provinsi sudah cukup rendah, dan terus mengalami tren penurunan. Keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR) Covid dan Isolasi tertinggi di luar Jawa-Bali berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menunjukkan tingkat yang masih cukup rendah yaitu 9 persen,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kemenko Perekonomian, Selasa (12/4).

Meski kondisi membaik, namun kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM )di luar Jawa-Bali masih akan diperpanjang hingga 25 April 2022.

“Penerapan level PPKM di luar Jawa dan Bali mengalami perbaikan yang signifikan dengan level 3 turun dari 110 menjadi 43 kabupaten/kota, dan level 1 naik dari 26 menjadi 84 kabupaten/kota,” katanya.

Capaian vaksinasi di luar Jawa-Bali

Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster di Mall Botania Dua, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (24/3).
Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster di Mall Botania Dua, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (24/3). (ANTARAFOTO/Teguh)

Terkait perkembangan vaksinasi, per Senin (11/4), terdapat 2 Provinsi yang capaian vaksinasi dosis-1 masih di bawah 70 persen, yakni Papua Barat dan Papua. Kemudian, terdapat 18 Provinsi yang mencapai vaksinasi dosis-2 sebesar 70 persen dengan 11 Provinsi di antaranya berada di luar Jawa-Bali.

Untuk vaksinasi dosis-3, baru terdapat 18 Provinsi yang sudah mencapai di atas 10 persen–11 Provinsi ada di luar Jawa-Bali.

“Jika dilihat secara nasional per 11 April 2022, persentase capaian Vaksinasi Dosis-1 adalah 94,81%, dan Dosis-2 mencapai 77,55%, sedangkan Dosis-3 baru mencapai 13,26%,” katanya. 

Wilayah di luar Jawa-Bali tak lagi ada di zona merah

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Related Topics