NEWS

Cek Penanganan Gempa Cianjur, Jokowi Kunjungi Kecamatan Cugenang

Jokowi: Rehabilitasi gempa Cianjur saat evakuasi selesai.

Cek Penanganan Gempa Cianjur, Jokowi Kunjungi Kecamatan CugenangJokowi kunjungi titik pusat gempa Cianjur. (dok. Setpres)
24 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi titik pusat gempa Cianjur, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Jokowi memastikan rehabilitasi rumah-rumah yang rusak akan segera dilakukan setelah proses evakuasi dan distribusi bantuan selesai. “Ini adalah episentrumnya dan yang paling parah, terutama untuk rumah-rumah yang roboh yang paling banyak adalah di sini. Yang meninggal pun, yang banyak juga di sini,” katanya seperti dikutip laman Setkab, Kamis (24/11).

Menurut Jokowi, proses rehabilitasi rumah korban gempa dipastikan akan dibantu pemerintah dengan beberapa skema yang dinilai dapat mempercepat proses rehabilitasi.

“Ada yang nanti dibangun oleh Kementerian PU, ada yang juga dibangun dibantu oleh TNI, ada juga yang diserahkan kalau memang itu bisa mempercepat. Kita tidak terpaku pada satu skema,” ujar Jokowi.

Masih ada korban

Jokowi kunjungi korban gempa Cianjur.
Jokowi kunjungi korban gempa Cianjur. (dok. Setpres)

Menurut data yang ia terima, saat ini masih ada 39 korban yang belum ditemukan di wilayah Kecamatan Cugenang, sehingga Presiden kembali mengunjungi korban untuk  memastikan proses evakuasi korban dapat berjalan dengan baik. “Sehingga proses evakuasi menjadi prioritas saat ini, kita konsentrasi, dan siang ini kita akan konsentrasi di titik ini untuk evakuasi,” katanya

Jokowi menambahkan, sejumlah kendala masih ditemukan di lapangan sehingga evakuasi korban belum sepenuhnya selesai. “Karena kondisinya curam, masih hujan, dan masih ada gempa susulan, tanahnya labil, sehingga perlu kehati-hatian. Tapi, tadi Menteri PU sudah memerintahkan kepada jajarannya yang sudah terbiasa melakukan cut and fill, saya rasa ini bisa segera dikerjakan, ya,” katanya.

Memastikan berjalan baik

Jokowi meninjau lokasi gempa Cianjur dan kunjungi warga.
Jokowi meninjau lokasi gempa Cianjur dan kunjungi warga. (dok. Setpres)

Related Topics