NEWS

Surplus Adalah: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Surplus tak selalu berkenaan dengan situasi menguntungkan.

Surplus Adalah: Pengertian, Jenis dan ContohnyaShutterstock/Sharaf Maksumov
12 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Ketika membicarakan tentang ekonomi maka secara pembahasan akan sangat luas sekali. Banyak sekali istilah-istilah dalam perekonomian yang memang harus dipahami agar bisa mengerti ekonomi secara holistic, salah satunya adalah pembahasan tentang Surplus

Surplus merupakan pembahasan yang cukup sulit dipahami, tetapi ketika mengerti dan paham akan tentang surplus ilmunya sangat bermanfaat apalagi ketika terlibat dalam kegiatan ekonomi yang secara makro. Lalu apa itu surplus? berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian surplus

Ilustrasi neraca perdagangan
Shutterstock/Andrii Yalanskyi

Secara umum, surplus adalah sebuah kondisi yang menunjukkan aset maupun sumber daya yang jumlahnya lebih besar dari jumlah semua aset yang aktif digunakan. Pengertian ini dapat diterapkan pada banyak konsep, seperti keuntungan, pendapatan, ketersediaan barang, maupun modal.

Surplus memang kerap kali terkesan menguntungkan, tapi kenyataannya tidaklah demikian. Sebagai contoh, misalnya surplus produksi atau pembuatan suatu barang di pabrik dalam jumlah berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan barang yang berimbas pada efisiensi pengeluaran dan pendapatan yang tak seimbang, sehingga justru mengakibatkan kerugian.

Jadi, surplus tidak dapat disetarakan dengan kondisi menguntungkan. Mungkin lebih tepat jika surplus digunakan untuk menggambarkan situasi berlebih pada berbagai hal yang ada di dalam hidup sehari-hari.

Jenis-jenis surplus

Reseller yang sedang bertransaksi dengan konsumen
ilustrasi reseller (unsplash.com/ Alla Hetman)

Related Topics