NEWS

Surplus Adalah: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Surplus tak selalu berkenaan dengan situasi menguntungkan.

Surplus Adalah: Pengertian, Jenis dan ContohnyaShutterstock/Sharaf Maksumov

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

07 September 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus US$4,23 miliar pada Juli 2022, meski angka tersebut lebih rendah dibandingkan capaian bulan Juni dengan surplus US$5,09 miliar. Kita mungkin sering mendengar istilah surplus pada sektor ekonomi, tapi apa arti sebenarnya?

Biasanya, istilah ini digunakan untuk menjelaskan kondisi ketika jumlah pemasukan yang didapat lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Namun, surplus memiliki pengertian yang jauh lebih luas.

Lawan dari surplus adalah defisit. Kondisi ini menggambarkan kondisi yang berkebalikan dengan surplus, yakni jumlah yang dikeluarkan lebih banyak dari pendapatan.

Pengertian surplus

Ilustrasi neraca perdaganganShutterstock/Andrii Yalanskyi

Melansir akseleran, secara umum, surplus adalah sebuah kondisi yang menunjukkan aset maupun sumber daya yang jumlahnya lebih besar dari jumlah semua aset yang aktif digunakan. Pengertian ini dapat diterapkan pada banyak konsep, seperti keuntungan, pendapatan, ketersediaan barang, maupun modal.

Surplus memang kerap kali terkesan menguntungkan, tapi kenyataannya tidaklah demikian. Sebagai contoh, misalnya surplus produksi atau pembuatan suatu barang di pabrik dalam jumlah berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan barang yang berimbas pada efisiensi pengeluaran dan pendapatan yang tak seimbang, sehingga justru mengakibatkan kerugian.

Jadi, surplus tidak dapat disetarakan dengan kondisi menguntungkan. Mungkin lebih tepat jika surplus digunakan untuk menggambarkan situasi berlebih pada berbagai hal yang ada di dalam hidup sehari-hari.

Jenis surplus

Reseller yang sedang bertransaksi dengan konsumenilustrasi reseller (unsplash.com/ Alla Hetman)