NEWS

Manfaat Menuliskan Keyword yang Tepat Dalam CV Untuk Menarik HRD

Keyword yang tepat mengarahkan Anda ke pekerjaan yang tepat.

Manfaat Menuliskan Keyword yang Tepat Dalam CV Untuk Menarik HRDCurriculum Vitae. (Pixabay/Tiramisu)
22 May 2024

Jakarta, FORTUNE – Seiring perkembangan teknologi, kata kunci atau Keyword tidak hanya digunakan untuk menjamin keamanan saja. Bagi Anda yang sedang menyusun  Curriculum Vitae (CV) perlu juga meyertakan ini untuk menarik perhatian HRD ketika tengah mencari kandidat pekerja yang sesuai kebutuhan dan menyortir lamaran pekerjaan.

Menurut Jobstreet, keyword adalah kata atau frasa pendek (dua sampai tiga kata) yang akan dicari oleh ATS (Applicant Tracking System) untuk menentukan apakah sebuah CV sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan atau tidak. Keyword biasanya akan berhubungan dengan posisi yang dibuka dan berbagai keterampilan juga sifat yang dibutuhkan oleh posisi tersebut.

Oleh karena itu, keyword menjadi penting, agar CV Anda bisa menarik HRD. Anda harus menulis pengalaman kerja di CV berdasarkan metode yang baik. Semakin cocok keyword yang ada dalam CV dengan ketentuan lowongan kerja yang dibutuhkan perusahaan, maka semakin besar kesempatan CV Anda bisa terpilih maju ke tahap seleksi selanjutnya.

Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa hal yang Anda butuhkan untuk bisa menulis CV yang ramah keyword dan bisa menarik bagi HRD.

Tips memilih keyword yang tepat

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, sebelum menetapkan kata kunci yang paling tepat bagi CV Anda.

Dengan begitu, Anda akan bisa memilih keyword yang selaras dengan visi perusahaan dan branding yang mereka pakai. Pastikan Anda tidak salah memasukkan keyword, dengan melakukan beberap hal berikut:

Beberapa pilihan keyword sesuai pilihan profesi

Berikut ini adalah beberapa contoh keyword yang bisa Anda terapkan untuk menegasakan beberapa hal yang sesuai dengan kemampuan dan kelebihan Anda.

Demikianlah beberapa hal yang berguna bagi Anda untuk bisa menerapkan keyword yang tepat dalam CV Anda. Hal ini akan sangat berguna, apalagi saat ini sudah banyak aplikasi atau situs pencarian kerja, yang bisa membantu Anda dan pemberi kerja untuk bisa terhubung secara  tepat.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.