NEWS

Rekomendasi Wisata Pulau Jawa yang Dilalui Jalur Kereta Api

Lokasi ini bisa Anda datangi di sela mudik Lebaran 2024.

Rekomendasi Wisata Pulau Jawa yang Dilalui Jalur Kereta ApiKereta api jarak jauh. (Doc: PT KAI)
11 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kajian Kementerian PariWisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjukkan bahwa pada musim libur Lebaran 2024, mayoritas masyarakat memilih Kereta Api sebagai sarana transportasi favorit untuk mudik, terutama Jawa.

Kereta api tidak sekadar menjadi transportasi andalan untuk mudik lebaran, tetapi juga alternatif transportasi andalan untuk berlibur.

Dengan jalur kereta api terpanjang di Indonesia berada di Jawa, Anda pun bisa mencoba beberapa destinasi wisata di daerah sekitar jalur kereta api.

Kereta api Jawa dilihat sebagai peluang sebagai potensi wisata.Untuk itu, Kemenparekraf berkolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO untuk menghadirkan program ‘Bundling Paket Wisata dengan Kereta Api’ dalam menyambut momen libur Lebaran 2024.e

Berikut beberapa destinasi wisata di Pulau Jawa, yang dilewati oleh alat transportasi kereta api, seperti dilansir Kemenparekraf.

Kebumen

Kebupaten ini bisa dijangkau dengan kereta api yang melintasi jalur selatan Pulau Jawa, terutama saat menuju Yogyakarta atau Solo menggunakan Kereta Api Bima maupun Taksaka.

Kabupaten Kebumen terkenal memiliki berbagai destinasi wisata pantai, waduk, gua, hingga benteng bersejarah.

Di Kebumen, beach hopping bisa jadi pilihan yang tepat. Setelah turun dari Stasiun Kebumen, kita hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam menuju Pantai Menganti.

Anda juga bisa mencoba mampir ke Pantai Pecaron yang hanya berjarak 20 menit dari Pantai Menganti.

Deretan pohon kelapa, suara deburan ombak, serta semilir angin pantai yang sejuk seakan memberikan ketenangan batin setiba di sana.

Nganjuk

Bila Anda berencana menuju Jawa Timur ke Surabaya atau Malang dengan menggunakan Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan maupun Gajayana, Anda bisa menyempatkan waktu sejenak untuk bervakansi di Nganjuk, salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata cukup menarik untuk dikunjungi, satu di antaranya Air Terjun Singokromo.

Walaupun harus menempuh perjalanan hampir satu jam dari Stasiun Nganjuk, namun pemandangan air terjun megah setinggi 20 meter seakan menghapus rasa lelah setelah perjalanan jauh.

Belum lagi, suasana sejuk dan asri di sekitar air terjun membuat perasaan menjadi tentram.

Related Topics