NEWS

Mengenal Nilai CT pada PCR yang Kerap Jadi Acuan Kesembuhan Covid-19

Nilai CT harus diinterpretasikan oleh dokter atau ahli

Mengenal Nilai CT pada PCR yang Kerap Jadi Acuan Kesembuhan Covid-19ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc
23 February 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dikenal sebagai salah satu instrumen pengujian yang akurat untuk mendeteksi virus Covid-19 dalam tubuh manusia.  Nilai CT (Cycle Threshold) atau CT Value yang didapat pada tes PCR kerap dijadikan acuan dalam menentukan gejala pasien terpapar dan sembuh dari Covid-19. Namun, ternyata anggapan ini tak sepenuhnya benar. 

Panel Ahli Satgas Penanganan Covid-19, Budiman Bela, mengatakan nilai CT tinggi tidak menjamin pasien Covid-19 aman dan segera sembuh dari Covid-19. “Nilai CT tinggi bisa terjadi pada tahap awal saat infeksi, kemudian dia dapat berkembang menjadi turun nilai CT-nya,” ujarnya dalam diskusi daring ‘Peran Laboratorium Dalam Uji Diagnostik Covid-19’, Selasa (22/2).

Budiman mengungkapkan bahwa Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat (CDC), pernah mengeluarkan informasi bahwa nilai CT yang sudah mendekati 36 pada pasien Covid-19, biasanya menjadi tanda bahwa virus di tubuh tersebut sudah tidak infeksius. Namun, CDC juga menegaskan bahwa untuk mengeluarkan nilai CT harus disertai kajian pembanding dengan kultur.

Pernyataan tersebut tak salah, namun ketika pesan tersebut kemudian menyebarkan ke masyarakat, memunculkan pemahaman yang tak tepat.

“Nilai CT harusnya diinterpretasi oleh mereka yang memiliki kewenangan klinis, seperti dokter,” ucap Budiman.

Nilai CT bisa beda di momen tes yang berbeda

Budiman juga menyampaikan, hasil nilai CT setiap orang dapat berbeda ketika diuji di lokasi yang berbeda, sekalipun sample-nya sama. “Tidak akan sama karena kinerja dari reagennya berbeda,” katanya. “Kalau ingin membandingkan nilai CT, maka harus dari laboratorium yang sama dengan menggunakan reagen yang sama.”

Menurutnya, pemerintah tidak pernah merekomendasikan nilai CT ditampilkan, karena dapat membingungkan pasien. Keterangan yang paling jelas dan mudah dipahami hanyalah adalah hasil positif atau negatif.

“Kalau hasilnya positif, mau nilai CT-nya tinggi atau rendah, seharusnya pasien tetap berjaga dan memonitor dirinya,” ucapnya.

Faktor yang sebabkan hasil PCR berbeda

Budiman mengatakan, ada bebarapa kemungkinan yang menyebabkan hasil tes PCR yang berbeda antara tes di satu laboratorium dengan laboratorium lainnya, seperti hari pengambilan spesimen yang berbeda dan kualitas spesimen yang berubah ketika sampai di laboratorium.

“Memang ada fenomena tertentu yang kita sebut sebagai Intermitten Shading of Virus. Jadi, virusnya hari ini memang diproduksi oleh pasien, tapi besoknya tidak. Bisa juga ada perbedaan metode atau reagen yang digunakan," kataya.

Namun, secara umum metode dan reagen yang sudah disyaratkan oleh Kementerian Kesehatan sudah terbukti baik dan sudah direkomendasikan oleh WHO.

Related Topics