NEWS

IKN Nusantara Akan Dibangun 4 Jalan Tol dan 13 Koridor Busway

Merupakan bagian jaringan sistem transportasi terintegrasi.

IKN Nusantara Akan Dibangun 4 Jalan Tol dan 13 Koridor BuswayMobil melintas di jalan kawasan IKN. (ANTARAFOTO/Bayu Pratama)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah akan mengembangkan kawasan pembangunan berorientasi transit (Transit Oriented Development/TOD) dengan membangun 13 koridor busway atau Bus Rapid Transit (BRT) di ibu kota baru (IKN) Nusantara.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 64/2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2042.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, mengatakan fasilitas tol dan koridor busway ini adalah bagian dari rencana besar menciptakan sebuah kota yang terhubung aktif dan mudah diakses. “Intinya untuk mencapai efektivitas mobilitas kegiatan masyarakat,” ucapnya pada Fortune Indonesia, Jumat (13/5).

Sistem transportasi yang terintegrasi nantinya akan menjadi ciri khas IKN. Oleh karena itu, fasilitas transportasi publik pun didesain dengan berkelanjutan, seiring dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

“Sekarang mungkin bisa dimulai dari sepeda, kalau sudah cukup, nanti busway, kalau masih kurang nambah lagi, siapa tahu 20-30 tahun lagi sudah ada taksi terbang,” ujarnya.

Pembangunan 4 ruas jalan tol

Kondisi jalan menuju Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.Kondisi jalan menuju Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (ANTARAFOTO/Bayu Pratama))

Pembangunan jalan tol merupakan bagian dari rencana sistem jaringan transportasi IKN. Empat jalan tol yang disiapkan ini di antaranya Jalan Tol Balikpapan Samarinda KM 11-Junction Pulau Balang, Jalan Tol Bandar Udara Sepinggan-Jalan Tol Balikpapan Samarinda, Jalan Tol bandar udara VVIP-Outer Ringroad Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), dan Jalan Tol Junction Pulau Balang-KIPP IKN.

Sistem jaringan jalan ini sendiri tidak hanya terdiri dari jalan tol, melainkan ada jalan umum, jalan khusus, terminal penumpang, terminal barang, jembatan timbang, dan jembatan.

Hal ini merupakan bagian dari sistem jaringan transportasi, bersama sistem jaringan kereta api; jaringan sungai, danau, dan penyeberangan; sistem jaringan transportasi laut; dan sistem angkutan umum massal.

Pengembangan 13 koridor busway

Ilustrasi : ibu kota negara di Kalimantan TimurInstagram/ Nyoman Nuarta