NEWS

Daftar Situs Web Global Pencari Kerja Freelance Populer di Indonesia

Pekerjaan freelance makin banyak diminati generasi muda.

Daftar Situs Web Global Pencari Kerja Freelance Populer di Indonesiailustrasi freelance writer (unsplash.com/Brooke Cagle)
31 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dinamika ekonomi, sosial, dan teknologi dunia mempengaruhi pergerakan angkatan kerja yang kini terus bermunculan. Pekerjaan lepas atau yang biasa dikenal sebagai freelance job pun semakin diminati generasi milenial maupun Gen-Z yang kini sedang memuncaki masyarakat usia kerja, termasuk di Indonesia.

Pencarian pekerja lepas mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. Bagi sebagian generasi pekerja, jenis pekerjaan ini menjadi salah satu solusi untuk bisa bertahan dan berkarya di tengah berbagai disrupsi yang terjadi.

Memasuki 2023, freelancer pun tak lagi dipandang sebelah mata, bahkan banyak masyarakat Indonesia yang sudah tak malu lagi untuk menyebutkan dirinya sebagai berprofesi sebagai freelancer. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), freelancer di Indonesia telah mencapai angka 34 juta orang. Bahkan angka ini mencominasi sebesar 24 persen dari jumlah angkatan kerja di Indonesia yang berjumlah 144 juta orang pada Februari 2022.

Namun demikian, menjadi freelancer seringkali menghadapi hambatan karena harus mencari pekerjaan lepas dalam kurun waktu tertentu. Untuk memudahkan para freelancer, banyak sekali situs web pencarian kerja lepas yang tersebar di dunia maya. Oleh sebab itu, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa di antaranya, dengan mengutip dari hostinger.com.

1. Freelance.com

orang yang bekerja di kafe
ilustrasi bekerja di kafe (dok.unsplash)

Situs web ini semacam marketplace yang mempertemukan pencari kerja maupun penyedia kerja. Jenis pekerjaan yang banyak tersedia di aplikasi ini beragam, seperti penerjemah konten, pengembangan web, pemasaran media sosial.

Anda dapat mendaftar sebagai pekerja lepas atau pemilik bisnis yang beroperasi secara global. Anda  hanya perlu mengisi mengisi formulir pendaftaran singkat dengan memberi informasi terperinci, termasuk keahlian, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja kita.

Setiap freelancer akan menerima pembayaran penuh setelah menyelesaikan pekerjaan. Penyedia platform hanya mengutip 10 persen dari total dana yang Anda hasilkan sebagai pekerja lepas dari setiap pekerjaan.

Kelebihan situs ini memiliki fasilitas pencari yang cukup aktif, menyediakan fitur obrolan langsung, dan servis konsumen 24 jam penuh. Sayangnya, hostinger menyebut freelance.com cukup rumit, banyak pelamar spam, dan klien palsu.

2. Upwork

freelance writer salah alternatif usaha yang bisa anda coba.
ilustrasi freelance writer (pexels.com/Vlada Karpovich)

Related Topics