NEWS

Terus Didorong Kemenparekraf, Apa Itu Visa Digital Nomad?

Visa Digital Nomad Indonesia akan berlaku 5 tahun.

Terus Didorong Kemenparekraf, Apa Itu Visa Digital Nomad?Ilustrasi Work form Everywhere. (Shutterstock/PhotoSunnyDay)
29 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berencana memberikan Visa Digital Nomad bagi para wisatawan mancanegara (wisman) yang menginginkan bekerja jarak jauh dari Indonesia. Lantas, apa itu Visa Digital Nomad?

Investopedia menuliskan bahwa Visa Digital Nomad adalah dokumen imigrasi yang memberi legalitas hak kepada seseorang untuk bekerja di tempat yang jauh dari negara asal mereka, dalam kurun waktu tertentu.

Biasanya, para pemegang Visa Digital Nomad bisa tinggal di sebuah negara dalam waktu yang relatif lebih lama daripada wisatawan biasa, namun tidak selama pemegang visa kerja yang mengharuskan mereka untuk menetap lama. Di Indonesia,Visa Digital Nomad diwacakan berlaku selama 5 tahun.

Visa ini dibutuhkan karena visa wisata biasa tidak mengizinkan untuk wisatawan bekerja saat berkunjung ke suatu negara. Sesuai namanya, visa ini memang diberikan bagi para pekerja yang memiliki gaya hidup nomaden–berpindah dari satu tempat ke tempat lain–dan bekerja dengan menggunakan teknologi digital. Umumnya, mereka merupakan pekerja lepas atau pekerja sebuah perusahaan yang bisa bekerja dari manapun dan kapanpun.

Syarat penerima Visa Nomad

Ilustrasi Work from Everywhere.
Ilustrasi Work from Everywhere. (Shutterstock/AYA Images)

Syarat untuk mendapatkan Visa Digital Nomad mungkin memiliki perbedaan antara satu negara dengan lainnya. Namun, visa ini diberikan bagi para pekerja digital yang memiliki keleluasaan untuk bekerja dari mana saja, di belahan dunia ini.

Para pekerja digital nomaden tersebut harus bisa membuktikan bahwa mereka adalah pekerja yang bekerja secara digital dalam satu atau lebih pekerjaan tertentu. Dokumen dari pemberi kerja dapat menjadi bukti penting untuk ditujukkan saat mengajukan kepengurusan Visa Digital Nomad.

Yang perlu diperhatikan, mereka harus terikat pekerjaan yang bukan berasal dari negara tujuan mereka. Hal ini bertujuan supaya para pekerja nomad tidak merebut peluang para pekerja lokal di pasar tenaga kerja lokal.

Keuntungan Visa Digital Nomad bagi Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (dok. Kemenparekraf)

Related Topics