NEWS

Tips Hemat Penggunaan Air PDAM Agar Biaya Berlangganan Tak Bengkak

Seperti listrik, penggunaan air PDAM juga bisa dihemat.

Tips Hemat Penggunaan Air PDAM Agar Biaya Berlangganan Tak Bengkakilustrasi kran PDAM (unsplash.com/Claudio Schwarz)
24 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) memberikan layanan air bersih bagi masyarakat di daerah, dengan Biaya Berlangganan. Sama seperti penggunaan layanan listrik dari Perusahaan Listrik negara (PLN), Anda juga akan dikenakan biaya langganan dan setiap bulan wajib membayar tagihannya. Lantas, bagaimana cara menghematnya? 

Dengan demikian, semakin boros Anda menggunakan air bersih melalui PDAM, maka semakin besar biaya yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Untuk itu, sebagaimana listrik PLN, penggunaan air bersih PDAM juga bisa dihemat untuk mencegah tagihan yang membengkak.

Mengutip laman PDAM Pintar, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa tips untuk menghemat air bersih PDAM, demi tagihan yang lebih hemat.

Pastikan tak ada kebocoran di saluran air

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan air bersih adalah memastikan tak ada kebocoran. Air bocor yang mengalir, baik digunakan atau tidak, tetap akan akan dihitung pada meteran air.

Dengan begitu, Anda tetap harus membayar Air PDAM yang mengalami kebocoran kendati tidak Anda gunakan. 

Lakukanlah pemeriksaan rutin pada keran, pipa, dan saluran air lainnya di rumah. Jika Anda hitung keseluruhan, air PDAM yang keluar dari celah yang bocor, diperkirakan bisa mencapai 20 liter per harinya.

Jika kebocoran yang terjadi pada keran atau pipa air pada bagian luar belum bisa dibetulkan, tampunglah air tersebut, agar dapat digunakan untuk keperluan lagi.

Selain itu, rembesan yang terjadi pada toilet atau kloset duduk bisa Anda ketahui dengan memberikan zat warna atau pembersih kloset berwarna yang ditempatkan pada tangki. Sedangkan, cara lain untuk mengetahui jika ada kebocoran yang terjadi adalah roda gigi yang tetap bergerak walau seluruh aliran air telah dimatikan.

Gunakan air PDAM secukupnya

Untuk menghemat air PDAM di rumah, salah satu yang bisa Anda lakukan dengan sederhana adalah tidak membiarkan keran air terus mengalir ketika menggosok gigi atau mengusap cucian piring dengan sabun.

Dengan melakukan hal ini, tiap orang di rumah dapat mengurangi pemakaian air hingga 4 liter per menit. Membatasi waktu mandi dan penggunaan shower juga bisa membantu menghemat penggunaan air PDAM secara signifikan.

Selanjutnya, jangan pernah membuang benda-benda seperti kertas, tisu, bekas pembalut ke dalam kloset. Hal ini bisa menyebabkan pemborosan, sebab untuk mendorong sampah tersebut masuk ke dalam saluran dibutuhkan air dalam jumlah yang sangat banyak.

Related Topics