NEWS

Menkop: Tak Masuk Rantai Pasok, UMKM Sulit Alami Lompatan Teknologi

UMKM perlu dukungan edukasi dan investasi.

Menkop: Tak Masuk Rantai Pasok, UMKM Sulit Alami Lompatan TeknologiMenkopUKM, Teten Masduki. (dok. KemenkopUKM)
01 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM), Teten Masduki, mengatakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tak akan mengalami lompatan Teknologi bila tak tergabung dalam Rantai Pasok industri secara global.

Menurutnya, idealnya UMKM menjadi bagian dari rantai pasok industri, sehingga bisa memajukan industri yang juga berdampak kemajuan bagi UMKM tersebut. “Di negara maju seperti Jepang dan Korsel, UMKM menjadi bagian dari ‘Supply Chain Industry’ atau rantai pasok industri,” ujarnya, pada acara Kick-Off bjbPreneur, di Jakarta, Kamis (1/2).

Menurut Teten, Indonesia berpotensi menjadi negara maju dengan minimum pendapatan perkapita US$13.000 atau sekitar Rp204,91 juta (kurs Rp15.762,20 per dolar AS). Bila lompatan teknologi tak terjadi, maka, Indonesia tak mungkin bisa mencapai pendapatan tersebut, seiring perjalanan menuju Indonesia emas 2045.

Inkubasi

Ilustrasi UMKM dengan produk sepatu lokal.
Ilustrasi UMKM dengan produk sepatu lokal. (Dok. Kemenkeu)

Teten mengatakan, Indonesia perlu melahirkan lebih banyak pengusaha lewat UMKM, demi mewujudkan ekonomi baru melalui pendekatan inkubasi berbasis inovasi dan teknologi untuk menghasilkan produk baru yang kompetitif. “Kita harus pilih telur yang bagus untuk dierami dan dibesarkan,” ujarnya.

Untuk itu, UMKM harus memiliki kompetensi inovasi dan teknologi. Dia pun mengajak asosiasi-asosiasi dalam pengembangan UMKM untuk mulai melirik penggunaan inovasi dan teknologi.

“Ini yang kita harus bangun. Ini yang sedang kita pelajari di berbagai negara tentang startup. Dari situ saya punya catatan, kita tidak memiliki ekosistem yang cukup untuk mengembangkan startup berbasis inovasi dan teknologi. Kita belum memiliki itu, karena harus menghubungkan riset dari BRIN dan perguruan tinggi, serta pembiayaan,” kata Teten.

Untuk mengembangkan lembaga inkubator di kampus, MenkopUKM ingin agar hal ini ditekankan oleh kampus-kampus. "Survei kami menyebutkan 72 persen mahasiswa ingin menjadi entrepreneur. Ini sedang didiskusikan untuk dikembangkan bersama para rektor perguruan tinggi," katanya.

Investasi asing

UMKM di sektor kriya.
UMKM di sektor kriya. (dok. BRI)

Related Topics