NEWS

Wapres Minta MUI Buat Fatwa Penggunaan Ganja Medis

Jangan sampai berlebihan dan menimbulkan kemudaratan.

Wapres Minta MUI Buat Fatwa Penggunaan Ganja MedisWakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin. (dok. Setwapres)
29 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuat pengecualian fatwa terkait penggunaan ganja untuk kebutuhan medis.

Wapres mengatakan hal ini setelah wacana mengenai pemakaian tanaman ganja untuk kesehatan menguat di publik, apalagi negara tetangga, yakni Thailand baru saja melegalkan penggunaan tanaman ini.

“Saya minta MUI nanti segera membuat fatwanya untuk dipedomani, jangan sampai berlebihan dan menimbulkan kemudaratan,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Wapres, Rabu (29/6).

Menurutnya, fatwa tersebut dapat menjadi pedoman bagi DPR untuk menyikapi lebih lanjut perihal legalitas ganja medis di Indonesia. Meski begitu, dirinya mengakui bahwa memang selama ini fatwa MUI melarang penggunaan ganja, ditambah, penggunaan ganja illegal di Indonesia, untuk keperluan apapun.

Fatwa terkait manfaat ganja

K.H. Ma’ruf Amin dalam keterangan persnya seusai menghadiri Rapat Pimpinan MUI, pada Selasa (28/6).
K.H. Ma’ruf Amin dalam keterangan persnya seusai menghadiri Rapat Pimpinan MUI, pada Selasa (28/6). (dok.Setwapres)

Ma'ruf mengatakan, dispensasi penggunaan ganja bisa saja terjadi untuk kebutuhan mendesak, seperti pengobatan penyakit tertentu. Hal ini dimungkinkan selama tidak disalahgunakan untuk kepentingan lainnya. “Saya kira, ganja itu ada varietasnya. Supaya MUI nanti buat fatwa yang berkaitan dengan varietas-varietas ganja itu,” ucapnya.

Diketahui, salah satu senyawa aktif yang terkandung dalam tanaman ganja dan dapat bermanfaat untuk keperluan medis adalah Cannabidiol (CBD). Sedangkan, kandungan ganja yang memberikan efek melayang pada penggunanya adalah Tetrahydrocannabinol (THC).

Kisah Santi dan anaknya

Santi Warastuti yang memperjuangkan hak anaknya penderita cerebral palsy agar bisa diobati dengan ganja medis.
Santi Warastuti yang memperjuangkan hak anaknya penderita cerebral palsy agar bisa diobati dengan ganja medis. (www.twitter.com/@andienaisyah)

Related Topics