NEWS

Jika ke Seoul, Coba Mampir ke Taman Yangjaecheon di Gangnam

Pemandangan alami berpadu dengan kota yang dinamis.

Jika ke Seoul, Coba Mampir ke Taman Yangjaecheon di GangnamPanggung publik di kawasan taman yang dibelah Sungai Yangjaecheon, di Seocho, Gangnam, Seoul, Korea Selatan. FortuneIndonesia/Bonardo Maulana
27 November 2023

Jakarta, FORTUNE - Seoul adalah sarang sekumpulan raksasa bisnis. Sejumlah perusahaan lokal berskala global yang masuk daftar Fortune 500 berkantor pusat di sana, yakni organisasi pilih tanding semacam Samsung Electronics, Hyundai Motor, LG Electronics, hingga Posco Holdings, untuk menyebut beberapa entitas. 

Namun, ibu kota Korea Selatan itu juga merupakan surga bagi hal-hal kecil. Jajanan serbaneka di kawasan Myeongdong atau gang-gang sempit yang kadang berisi butik trendi serta kafe dan restoran ciamik tidak bisa dilupakan begitu saja.

Seoul selalu berkejaran dengan gelombang hal baru. Dinamika kota itu begitu tinggi sehingga lazim saja jika Anda mendengar orang berkata, “tahun ini mungkin Anda lihat ini, tapi tahun depan mungkin saja sudah berbeda.” 

Tetapi, kota yang usianya sekitar 2.000 tahun itu pun menampik hal-hal lama untuk sepenuhnya raib dari lanskapnya. Mogyoktang atau rumah mandi untuk umum, yang mengawetkan tradisi mandi bareng berabad-abad, masih lazim dijumpai. Kawasan lama Itaewon masih hidup dan berdegup hingga hari ini. Rumah bergaya arsitektur tradisional era dinasti Joseon masih bisa dijumpai di kawasan Bukchon, Seochon, atau Ikseondong. Istana Gyeongbok yang mahaluas itu pun teguh berdiri di pusat kota. 

Para turis asing di kota itu, yang pada periode sebelum pandemi mencapai lebih dari 13 juta orang, pasti akan kelelahan untuk coba mengeksplorasi empat megamall ini: Starfield Hanam, Lotte World Mall, COEX Mall, dan Times Square Mall. Namun, Seoul bukan melulu beton. Anda yang mencari area hijau takkan kehabisan pilihan. Ada lebih dari 40 taman di kota tersebut, yang semuanya bersih dan rapi, dan mudah dijangkau. Beberapa di antara yang terkenal adalah Taman Yeouido, Naksan, World Cup, Hutan Seoul, serta Yongsan.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.