NEWS

7 Tips Menghadapi Inflasi, Jaga Kondisi Finansial!

Persiapkan diri lebih baik

7 Tips Menghadapi Inflasi, Jaga Kondisi Finansial!ilustrasi inflasi (unsplash/angie J)
15 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Guncangan ekonomi yang melanda kerap menyebabkan kepanikan di tengah masyarakat. Terlebih Inflasi yang menyebabkan kenaikan harga barang yang terjadi secara signifikan. Hal tersebut tentu berdampak pada kondisi keuangan menjadi tidak seimbang.

Efek dari inflasi akan sangat terasa saat mengatur uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Untuk menghadapinya, Anda bisa melakukan persiapan lebih awal untuk menghindari risiko kerugian di masa mendatang. 

Agar kondisi finansial tetap terjaga dengan baik, berikut beberapa tips menghadapi inflasi yang bisa Anda coba.

1. Merancang rencana keuangan dengan bijak

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi inflasi adalah menyusun rencana keuangan dengan bijak dan tepat sesuai kebutuhan. Jika Anda belum memiliki rencana anggaran, ini saat yang tepat untuk segera menyusun anggaran sesuai kondisi keuangan.

Bagi Anda yang sudah mempunyai rencana anggaran, Anda bisa meninjau kembali anggaran tersebut. Pertimbangkan apa saja pengeluaran yang bisa dipangkas atau dikurangi.

Penting untuk membuat anggaran komprehensif yang memperhitungkan semua pendapatan dan pengeluaran Anda. Adanya rencana anggaran juga dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan bijak saat gejolak ekonomi melanda.

Setelah membuat rencana anggaran, pastikan Anda mengikuti rencana yang telah dibuat agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga.

2. Menyiapkan dana darurat

Mempersiapkan dana darurat lebih awal menjadi salah satu tips menghadapi inflasi berikutnya yang bisa Anda coba. Anda bisa menyisihkan pendapatan untuk dimasukan ke dalam pos dana darurat.

Sesuai namanya, adanya dana darurat bermanfaat saat terjadi kejadian yang tidak terduga dan membutuhkan dana cepat. Tanpa perlu mengeluarkan dana tabungan, Anda bisa mengandalkan dana darurat yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 

Ketika mempersiapkan dana darurat, Anda bisa membedakan rekeningnya dengan yang lain, sehingga dana tersebut dapat tersimpan dengan aman.

Pastikan juga tempat penyimpanannya mudah untuk dicairkan dengan cepat. Hal tersebut juga membantu Anda dalam mengatur keuangan menjadi lebih efektif karena sudah disediakan tempat tersendiri.

Related Topics