NEWS

5 Orang Terkaya di Afrika 2024, Hartanya Mencapai Ratusan Triliun

Aliko Dangote peringkat pertama orang terkaya di Afrika 2024

5 Orang Terkaya di Afrika 2024, Hartanya Mencapai Ratusan TriliunAliko Dangote/Dok. Dangote Cement
26 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Forbes merilis daftar terbaru Orang Terkaya di Afrika 2024. Sosok Aliko Dangote masih bertahan di posisi puncak.

Total kekayaan 20 miliarder dalam daftar ini mencapai US$ 82,4 miliar, mengalami peningkatan sebesar US$900 juta dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai US$81,5 miliar.

Dari 20 miliarder tersebut, 13 di antaranya mengalami peningkatan kekayaan, sementara tujuh lainnya mengalami penurunan. Salah satu contoh miliarder yang berhasil meningkatkan kekayaannya adalah Aliko Dangote dengan kekayaan sebesar US$13,9 miliar, atau naik US$400 juta dibanding tahun sebelumnya.

Dangote berada di peringkat pertama orang terkaya Afrika selama 13 tahun berturut-turut. Lalu, siapa saja yang ada dalam daftar? Dikutip dari Forbes, berikut daftar 5 orang terkaya Afrika 2024.


 

1. Aliko Dangote

Kekayaan bersih Aliko Dangote mencapai US$13,9 miliar atau setara dengan Rp219,6 triliun (dengan kurs Rp15.800 per dolar AS).

Sumber kekayaannya berasal dari sektor manufaktur, dan ia adalah warga negara Nigeria. Pengusaha berusia 66 tahun ini adalah pendiri dan pemimpin Dangote Industries Limited, perusahaan induk dari konglomerasi terbesar di Afrika Barat.

Aliko Dangote memiliki perusahaan produsen semen terbesar di Afrika, Dangote Cement, dengan kapasitas produksi mencapai 48,6 juta ton metrik per tahun. Ia memiliki mayoritas saham di perusahaan tersebut, yang telah beroperasi selama 10 tahun, dengan kepemilikan mencapai 85 persen.

Selain bisnis semen, Dangote juga memiliki pabrik pupuk di Nigeria yang mulai beroperasi pada Maret 2022. Ia juga memiliki kilang minyak yang dibangun sejak 2016 dan diperkirakan akan mulai beroperasi tahun ini.

2. Johann Rupert

Kekayaan bersih Chairman dari Compagnie Financiere Richemont, perusahaan barang mewah berbasis di Swiss yang terkenal dengan merek Cartier dan Montblanc ini, mencapai US$10,1 miliar, setara dengan Rp159,58 triliun.

Pengusaha berusia 73 tahun ini ada di peringkat dua dalam daftar orang terkaya di Afrika 2024 dan memperoleh sumber kekayaannya dari sektor fashion dan ritel.

Dia adalah pendiri perusahaan tersebut pada tahun 1998 melalui pemisahan aset yang dimiliki oleh ayahnya sejak tahun 1940-an, yaitu Rembrandt Group Limited (sekarang dikenal sebagai Remgro Limited).

Pria berusia 73 tahun ini mengendalikan 7 persen saham dari perusahaan investasi terdiversifikasi Remgro, yang dia pimpin. Selain itu, dia juga memiliki kepemilikan sebesar 26 persen di Reinet, sebuah perusahaan induk investasi yang berbasis di Luksemburg.

Related Topics