Comscore Tracker
NEWS

Kunjungan ke Singapura Selama 2022 Naik, Terbanyak dari Indonesia

Pengunjung Singapura dari Indonesia mencapai 282.000.

Kunjungan ke Singapura Selama 2022 Naik, Terbanyak dari IndonesiaShutterstock/MOLPIX

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Jumlah kunjungan wisatawan ke Singapura menggeliat menyusul pembukaan kembali perbatasan Singapura di bawah koridor Vaccinated Travel Framework (VTF) pada 1 April 2022. Ketentuan VTF ini menggantikan Safe Travel Lanes sebelumya. Negara dengan jumlah populasi sekitar 5,9 juta penduduk itu pun menargetkan kunjungan internasional antara empat juta hingga enam juta pada 2022.

Pada paruh pertama 2022, Singapura sudah mencatat total 1,5 juta kedatangan pengunjung atau hampir 12 kali lebih banyak dibandingkan periode yang sama pada 2021, yakni 119.000 kunjungan.

Pengunjung terbanyak dari Indonesia

Indonesia menyumbang jumlah pengunjung terbanyak ke Singapura sepanjang tahun 2022. Angka itu terhitung selama periode Januari hingga Juni 2022. Dikutip dari situs Singapore Tourism Board (STB), jumlahnya mencapai 282.000. Negara asal lainnya yang juga banyak mengunjungi Negeri Singa adalah India (219.000), Malaysia (139.000), Australia (125.000), dan Filipina (81.000).

Dalam jumlah tersebut, rata-rata length of stay atau periode menginapnya adalah 7,1 hari. "Ini adalah lima negara dengan pengunjung internasional terbanyak ke Singapura, menyumbang 56 persen dari total kedatangan pengunjung internasional selama Januari hingga Juni 2022," kata Chief Executive STB, Keith Tan dalam keterangan tertulis yang dikutip Jumat, (29/7).

Keith Tan menambahkan, pertumbuhan kunjungan yang menggembirakan tersebut menegaskan daya tarik Singapura dalam hal kunjungan pariwisata dan bisnis.

"Meskipun pandemi belum berakhir, kami yakin acara-acara yang akan digelar di Singapura serta penawaran pariwisata lainnya akan terus menarik pengunjung pada sisa tahun 2022 dan seterusnya," ucap dia.

Meningkatnya jumlah pengunjung, salah satunya terdorong kalender aktivitas Singapura, seperti Formula 1 Singapura, Grand Prix Singapura 2022, dan Bloomberg New Economy Forum. Ada pula sejumlah atraksi baru yang bisa dinikmati pengunjung, seperti Museum Neraka di Haw Par Villa, Museum Es Krim, SkyHelix Sentosa, dan Avatar: The Experience di Gardens by the Bay.

Syarat terbaru masuk Singapura

Dikutip dari laman SafeTravel Singapura dan Civil Aviation Authority of Singapore, berikut adalah syarat masuk Singapura terbaru bagi para wisatawan.

  • Perjalanan atau kunjungan ke Singapura masih membutuhkan asuransi perjalanan Covid-19 dengan nilai tanggungan minimal 30.000 Dollar Singapura yang jika dikalkulasikan ke rupiah sebesar RP316.600.000 .
  • Persyaratan itu diberlakukan bagi wisatawan yang belum melakukan vaksinasi secara lengkap. Kemudian bagi anak-anak usia 12 tahun ke bawah yang belum vaksinasi tidak diberlakukan syarat tersebut.
  • Selain itu, ada persyaratan lainnya yang bisa Anda penuhi seperti Paspor yang masih berlaku atau lebih dari 6 bulan, kedua sudah menerima vaksinasi lengkap khusus bagi wisatawan yang berusia 13 tahun ke atas.

Jika Anda  ingin membaca syarat lainnya, informasi selengkapnya dapat diketahui dengan mengunjungi situs web resmi caas.gov.id atau ke safetravel.ica.gov. sg. 

Related Topics

Related Articles