Comscore Tracker
NEWS

Rayakan Ulang Tahun ke-65, Astra Gelar Pameran Virtual

Pangsa pasar Astra kini mencapai 53 persen.

Rayakan Ulang Tahun ke-65, Astra Gelar Pameran VirtualPress Conference HUT Ke-65 Astra, Kamis (17/2)./Desy Yuliastuti/Fortune Indonesia)

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - PT Astra International Tbk bakal merayakan ulang tahun yang ke-65 pada 20 Februari 2022 mendatang. Melampaui enam dasawarsa, bisnis Astra kini terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, antara lain di bidang otomotif hingga jasa keuangan.

Dalam rangka menyambut HUT ke-65, Astra menyampaikan pesan tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama" melalui kolaborasi lintas bidang. Salah satunya adalah dengan musisi Tanah Air, yaitu grup band RAN, dalam lagu yang berjudul "Selalu Bersama".

Karya tersebut merupakan hasil kolaborasi Astra bersama musisi Rayi Putra, Asta Andoko, dan Nino Kayam (RAN) menceritakan perjalanan panjang Astra yang terus bergerak agar dapat tumbuh bersama masyarakat dalam segala kondisi secara berkelanjutan. Hal ini juga sejalan dengan kisah perjalanan kebersamaan grup band RAN selama 15 tahun terakhir.

"Kolaborasi bersama RAN dalam membawakan pesan ‘Selalu Bersama’ adalah salah satu wujud komitmen Astra untuk beradaptasi agar dapat terus tumbuh bersama-sama serta berbagi semangat bersama masyarakat dalam menghadapi perubahan dan tantangan masa depan,” tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah dalam Konferensi Pers secara Virtual pada Kamis, (17/2).

Perayaan 65 Tahun Astra berkonsep virtual event dan virtual exhibition

Chief of Corporate Human Capital Development Astra, Aloysius Budi Santoso mengatakan, rangkaian HUT ke-65 Astra akan menghadirkan kegiatan berkonsep virtual event dan virtual exhibition melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live dari tanggal 22 hingga 26 Februari 2022, yang diperuntukkan bagi Insan Astra maupun publik.

"Sepanjang tahun ini juga akan dilangsungkan virtual movement bersama seluruh lapisan masyarakat dan serangkaian acara HUT ke-65 Astra dengan mengangkat tema yang beragam," katanya.

Melalui virtual event, Astra mengajak masyarakat luas untuk menyaksikan webinar inspiratif dari para pembicara terkemuka yang ahli di bidangnya dalam mengelola solusi inovatif dan berkelanjutan pada acara InnovNation, di antaranya adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim, Co-Founder and COO of Ruangguru Iman Usman, serta Co-Founder & Chief Growth Officer of Nafas Piotr Jakubowski. Selain itu, masyarakat dapat memelajari dan mengimplementasikan ilmu dari para narasumber yang berperan aktif di bidangnya masing-masing melalui acara Experiential Learning

Penjualan mobil PT Astra International Januari 2022 meningkat

Sebagai informasi, penjualan mobil PT Astra International Tbk (ASII) pada Januari 2022 menunjukkan peningkatan. Perseroan mencatatkan penjualan mobil sebesar 44.308 unit pada Januari 2022. Angka itu naik 65,14 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya sebesar 26.830 unit.

"Hal itu seiring dengan peningkatan penjualan mobil secara nasional, yang ditopang oleh perbaikan daya beli masyarakat pada awal tahun ini," ujar Head of Corporate Communications Astra International, Boy Kelana Soebroto dalam keterangannya, Rabu (16/2).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), total penjualan mobil pada Januari 2022 mencapai 84.062 unit. Naik dibandingkan posisi pada periode yang sama tahun lalu yang hanya 52.909 unit. 

Astra mencatatkan pangsa pasar 53 persen. Sementara untuk penjualan LCGC yakni 12.117 unit, naik dari 9.765 unit di Januari 2021. Pangsa pasar Astra LCGC pada Januari 2022 yakni 72 persen.

Adapun penjualan mobil Astra pada Januari didominasi oleh Toyota dan Lexus sebanyak 22.886 unit. Disusul Daihatsu 18.319 unit. Lalu Isuzu 2.828 unit, UD Trucks 225 unit, serta Peugeot 50 unit. Sehingga totalnya mencapai 44.308 unit.

Sementara penjualan produk LCGC pada Januari tercatat sebanyak 8.728 unit. Naik dibandingkan Januari 2021 sebanyak 7.179 unit.

Related Articles